Giat Upacara Hari Lahirnya Pancasila 2024 Kapolres Rokan Hulu Bertindak Sebagai Inspektur Upacara.

Giat Upacara Hari Lahirnya Pancasila 2024 Kapolres Rokan Hulu Bertindak Sebagai Inspektur Upacara.

TERAS RIAU ROHUL -Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Budi Setiyono SIK MH bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Apel Mako Polres Rohul. Sabtu (01/06/2024) pagi, tepat pukul 07.30 WIB, d

Dalam kegiatan ini, AKP Abdul Wahab SH bertugas sebagai Perwira Upacara, Ipda Ramadhan sebagai Komandan Upacara, Bripda Septia Maharani sebagai Pembawa Acara, dan Bripda Ramadh Agung Sinaga sebagai ADC Inspektur Upacara.

Satuan peserta upacara terdiri dari beberapa pleton gabungan, yaitu Pleton I Gabungan PJU Polres Rohul, Pleton II Gabungan Perwira Polres Rohul, Pleton III Gabungan Samapta Polres Rohul, Pleton IV Gabungan Staf Polres Rohul, Pleton V Gabungan Polsek Polres Rohul, dan Pleton VI Gabungan Reskrim, Intel, dan Narkoba Polres Rohul.

Upacara dimulai dengan Komandan Upacara memasuki lapangan dan mengambil alih pimpinan pasukan. Selanjutnya, Kapolres Rohul sebagai Inspektur Upacara memasuki tempat upacara, diikuti dengan penghormatan pasukan, laporan Komandan Upacara, dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara.

Setelah itu, pembacaan teks Pancasila dilakukan oleh Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Dalam amanatnya, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH menyampaikan bahwa Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, yang menandai pidato bersejarah Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

“Hal ini, dalam upaya merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

AKBP Budi menekankan bahwa Pancasila merupakan landasan ideologi bagi bangsa Indonesia.

“Setiap nilai yang terkandung dalam Pancasila harus dijadikan dasar hidup bernegara. Di momen ini, kita sebagai warga negara Indonesia harus bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tuturnya.

Lebih lanjut, AKBP Budi menyampaikan bahwa Pancasila bukan hanya mempersatukan bangsa, tetapi juga menjadi bintang penuntun ketika menghadapi tantangan dan ujian.

“Semua ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara Indonesia tetap berdiri kokoh dan kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” jelasnya.

Kapolres juga mengajak seluruh peserta untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan mengimplementasikannya dalam tata kelola pemerintahan serta interaksi sosial. “Inilah tugas kita bersama menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan manfaatnya, dan juga kehadirannya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tegasnya.

Upacara diakhiri dengan pembacaan doa, lagu Andhika Bhayangkari, laporan Komandan Upacara, penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara, dan Inspektur Upacara meninggalkan tempat upacara. Setelah upacara selesai, pasukan diistirahatkan.

Dengan peringatan Hari Lahir Pancasila ini, diharapkan seluruh aparat penegak hukum Polres Rohul beserta masyarakat dapat terus menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang luhur dalam kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia.

Laporan : SKN*
Sumber : (Humas Polres Rohul.)