oleh

Tingkatkan Pelayanan, Dinas PMD Dukcapil dan DPRD Kepri Kunker Ke Jakarta

TANJUNGPINANG, Terasriau.com- Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan Pelaksanaan Administrasi Kependudukan Dinas Pmd Dukcapil Provinsi Kepri bersama Komisi I DPRD Provinsi Kepri melakukan kunjungan kerja, Jumat pagi (15/2) lalu ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI di Jalan Letjen S Parman, Jakarta Barat.

Pada kesempatan itu, Kadis Dukcapil Provinsi DKI Jakarta Dhani Sukma,S.Sos,M.AP mengatakan Dukcapil DKI Jakarta memiliki struktur pemerintahan bentuknya Otonomi tunggal artinya otonomi itu adanya di Provinsi.

Loading...

“Sehingga Kita (provinsi)/kabupaten sifatnya Administratif dan dalam memberikan penguatan pelayanan Dukcapil pada tingkat Kelurahan sebagai ujung tombak perekaman, pencetakan dan pendistribusian dan semua sistem terintegrasi data langsung ke Dukcapil DKI Jakarta,” kata Dhani.

Baca Juga :  Polda Kepri Paparkan Program Milenial Road Safety Festival Kepulauan Riau

Menurut Dhani, Dukcapil DKI mempunyai sistem yang langsung terintegrasi dengan BPJS sehingga lahirlah satu program (SIDUKUN 3 IN One) sistem informasi Dokumen Kependudukan 3 dalam 1 institusi.

“Yakni dalam melakukan satu pelayanan di Rumah sakit seperti bayi baru lahir akan mendapatkan Akte kelahiran,Kartu Indentitas Anak(KIA) dan Akte kelahiran,”ujarnya.

Menyikapi kunjungan tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Taba Iskandar mengatakan kunjungan kerja ini untuk memperoleh informasi serta mempelajari pelayanan Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, sangat terbuka kemungkinan berbagai kebijakan yang dilakukan Dinas Dukcapil DKI Jakarta diaplikasikan di Provinsi Kepri.

“Setelah melakukan kunjungan Ke Dukcapil Provinsi DKI Jakarta,Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri melakukan konsultasi ke Ditjen Dukcapil Kementerian dalam Negeri Republik Indonesia,”pungkasnya. (*/r).

Baca Juga :  Kapolda Kepri Harapkan Kedepan Sinergitas yang Baik Dapat Ditingkatkan

laporan/editor : indra helmi

Komentar

Berita Lainnya