oleh

Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi Perbankan Syariah UIR Gelar Sosialisasi Kepada Siswa MA Al- Qasimiyah Pelalawan

Pekanbaru, Terasriau.com–  Sejumlah dosen program studi Ekonomi Syariah dan Program studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau yaitu Muhammad Arif, SE.,MM; Zulfadli Hamzah, B.IFB.,M.IFB; Mufti Hasan Alfani, SE.Sy.,ME dan Hendra Eka Saputra, SE.,M.SEI melakukan sosialisasi konsep ekonomi syariah kepada Siswa MA Al Qasimiyah Sorek Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk menambah literasi masyarakat tentang ekonomi syariah sejak dini. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini berlangsung pada Jumat, 12 Maret 2021.

Loading...

Kegiatan ini diikuti Siswa Kelas XI MA Al Qasimiyah berjumlah 80 orang.

Materi sosialisasi dibagi dalam sub tema dengan narasumber yang berbeda. Muhammad Arif, SE.,MM; misalnya, menyajikan sub tema tentang Peran Generasi Muda dalam membangkitkan Ekonomi Ummat.

Baca Juga :  Segera Tukarkan, 4 Lembar Uang Kertas ini Tidak laku Lagi Setelah 31 Desember

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang konsep ekonomi syariah, sehingga ekonomi syariah dapat diterapkan dalam kegiatan bermuamalah. Sehingga terhindar dari akibat sistem ekonomi konvensional yang dapat merugikan masyarakat dan terjebak dalam sistem ekonomi yang merugikan dan terdapat unsur riba.

Menurut Muhammad Arif, dalam kegiatan sosialisasi ini ingin membuka dan merubah cara berfikir masyarakat Tempatan khususnya generasi muda untuk lebih mengenal sistem ekonomi syariah dan perlahan dapat di terapkan di tengah-tengah keluarganya dan menjadikan ekonomi syariah sebagai solusi dalam bermuamalah.

Materi yang kedua, sub tema tentang bahaya Riba disajikan oleh Zulfadli Hamzah, B.IFB.,M.IFB.

Dalam paparannya Zulfadli Hamzah mengatakan bahwa Riba itu berdampak buruk bagi pelakunya baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia akan menjadi penyebab kemiskinan dan di akhirat akan dipertanggungjawabkan sebagai akibat pelanggaran ketentuan Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.

Baca Juga :  Telkomsel Pastikan Kesiapan Jaringan Broadband dan Layanan Digital Terdepan pada PON XX Papua 2021

Pada kesempatan yang berbeda Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau Dr. Zulkifli, MM.,ME.Sy mengapresiasi kegiatan pengabdian berupa sosialisasi ini, dia berharap kegiatan ini dapat dijalankan secara berkesinambungan sehingga masyarakat merasakan manfaatnya secara langsung.

Dr. Zulkifli, MM.,ME.Sy menyampaikan terimakasih kepada pihak MA Al Qasimiyah yang telah antusias mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Fakultas Agama Islam ini. ” Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi kegiatan PkM ini, dan pemerintah desa setempat yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan ini. kata Zulkifli.(**/rls)

Komentar

Berita Lainnya