oleh

PKM, DOSEN PRODI EKONOMI SYARIAH UIR TAJA WORKSHOP PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA & PERENCANAAN USAHA DI KEL. TUAH KARYA PEKANBARU

Terasriau.com–Pekanbaru, Teras Riau : Sejumlah dosen program studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau yaitu Muhammad Arif, SE.,MM dan Zulfadli Hamzah, B.IFB.,M.IFB menggelar workshop kepada masyarakat program keluarga harapan (PKH) di kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru. Workshop tersebut mengangkat tema pengelolaan keuangan keluarga dan manajemen perencanaan usaha. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini berlangsung pada Ahad, 2 Februari 2020.

Workshop ini diikuti warga Tempatan penerima bantuan Program Keluarga Harapan berjumlah 25 orang.

Loading...

Materi workshop dibagi dalam sub tema dengan narasumber yang berbeda. Muhammad Arif, SE.,MM; misalnya, menyajikan sub tema tentang Manajemen Pengelolaan Keuangan Keluarga.

Adapun tujuan dilaksanakan workhsop ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya pengelolaan keuangan keluarga yang tepat, sehingga pendapatan dapat digunakan untuk menunjang keperluan rumah tangga masyarakat. Sehingga terhindar kepada besarnya pengeluaran daripada pendapatan yang berakibat timbulnya hutang dan terganggunya keuangan keluarga.

Baca Juga :  Sosialisasi Gerakan Masyarakat Anti Riba kepada Pengurus dan Anggota Koperasi KSU-KM Desa Mentulik

Menurut Muhammad Arif, dalam workshop ini ingin membuka dan merubah cara berfikir masyarakat Tempatan dalam mengelola keuangan keluarga dengan baik, bagaimana berhemat, membedakan kebutuhan dan keinginan, memperhitungkan berpaa pengeluaran rutin, investasi, asuransi dan mencegah berhutang yang lebih dari 30% dari pendapatan.

Materi yang kedua, sub tema tentang perencanaan usaha bagi masyarakat disajikan oleh Zulfadli Hamzah, B.IFB.,M.IFB.

Dalam paparannya Zulfadli Hamzah mengatakan bahwa masyarakat harus pintar dalam membaca peluang usaha yang dapat menambah pendapatan. Usaha bisa dimulai dari hobi masing-masing individu dengan modal yang kecil. Buatlah sesuatu yang laku untuk dijual, jangan menjual sesuatu yang bisa dibuat.

Pada kesempatan yang berbeda Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau Dr. Zulkifli, MM.,ME.Sy mengapresiasi kegiatan pengabdian berupa workshop ini, dia berharap kegiatan ini dapat dijalankan secara berkesinambungan sehingga masyarakat merasakan manfaatnya secara langsung.

Baca Juga :  Dosen Ekonomi Syariah UIR Gelar Sosialisasi Bisnis dan Jual Beli Syariah di Kampar Riau

Dr. Zulkifli, MM.,ME.Sy menyampaikan terimakasih kepada warga kelurahan Tuah Karya yang telah antusias mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Prodi Ekonomi Syariah ini. ” Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat kelurahan Tuah Karya khususnya penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan juga terimakasih kepada Bapak Bustam, S.KOM.I yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan ini. kata Zulkifli.(rls)

Komentar

Berita Lainnya