oleh

Pembina Utama Melayu Raya : Jawa dan Melayu Adalah Serumpun

LINGGA, Terasriau.com – Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H menghadiri kegiatan Penabalan Pengurus Perhimpunan Melayu Raya (Hi-Melaya) wilayah Lingga di Pelabuhan Tanjung Buton, Lingga, Senin (28/1/19) malam.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Irwasda dan Direktur Reskrimsus Polda Kepri, Bupati Lingga H. Alias Wello, S.IP, Kapolres Lingga dan Kapolres Tanjungpinang, OPD Kabupaten Lingga, Ketua LAM Kabupaten Lingga Ir. H. M. Ishak.

Loading...

Tampak juga hadir, Danramil Daik Lingga KAPTEN TNI Talambanua, Ketua Koordinator Wilayah Hi-Malaya Lingga Zuhardi serta Anggota Himpunan Melayu Raya Batam, Tanjungpinang, Karimun dan Bintan.

Adapun serangkaian acara dimulai dari penyambutan kedatangan Petinggi Negeri Bunda Tanah Melayu Kab. Lingga serta Hi-Melayu dengan peragaan beladiri pencak silat, tarian sekapur sirih, prosesi Panabalan Pengurus Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Lingga dan pembacaan Warqah Panabalan oleh Pembina Utama.

Baca Juga :  Setelah Lingga, Kapolda Kepri Cek Pelaksaaan Operasi Lilin Seligi di Kota Tanjungpinang

Selanjutnya, penyerahan Bendera Pataka Hi-Malaya Kabupaten Lingga dari Pembina Utama kepada Zuhardi dan dilanjutkan dengan alunan Gurindam 12 oleh Sartika Rahayu.

Dalam sambutannya, Wakapolda Kepri Brigjen Yan Fitri Halimansyah, selaku Pembina Utama Melayu Raya menyampaikan bahwa Jawa dan Melayu adalah serumpun, ada ungkapan dan kata – kata yang menyatakan takkan melayu hilang di jawa dan takkan jawa hilang di melayu.

“Kita disini adalah satu budaya dan satu keturunan yang sama dan semoga hadirnya Himpunan Melayu Raya ini dapat menjadikan Indonesia yang rukun, aman, dan sentosa,” ujar Jenderal Bintang satu dipundak.

Ia menambahkan, hadirnya Himpunan Melayu Raya guna menjadi tempat pemersatu bangsa yang berguna untuk menghindari hoax, ujaran kebencian, dan pemecah pemersatu bangsa. (*/r)

Baca Juga :  Pembina Utama Melayu Raya : Jawa dan Melayu Adalah Serumpun

laporan/editor : indra helmy

Komentar

Berita Lainnya