Plt Bupati Kuansing Hadiri Rakonas Terkait Arahan Presiden RI di Bali

Nasional464 Views

Terasriau Teluk Kuantan -PLT Bupati Kuantan Singingi, Drs  Suhardiman Amby AK.MM, menghadiri acara Rakornas Arahan Presiden RI, terkait Pemanfaatan Produk Dalam Negeri, dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Bali.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali Jumat (25/3 2022) yang dihadiri oleh Gubernur, Walikota, Bupati seluruh Indonesia.

Adapun para peserta dikoordinir oleh Kemenkomarvest melalui Biro Persidangan Istana berjumlah hampir 600an peserta.Yang terdiri dari Kementerian dan Lembaga. Seperti dari Kemenparekraf, Kemen PUPR, Kemenhan RI, Kapolri, Kemenkes, Kemdikbudristek, Kemenhub, Kemenag, Kemenkominfo, Kementan RI, Kemenkeu, Kemenperin, Kemen BUMN, Bappenas RI, Jaksa Agung, Kemendagri, Kepala BPKP, Ketua BPK RI, Kepala LKPP, Panglima TNI serta empat Menteri Kordinator seperti Menkomarves, Menko PMK, Menko Perekonomian, Menkopolhukam RI dan menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno.

Untuk para kepala Daerah se Indonesia ada 34 Gubernur dan 514 Bupati atau Walikota serta BUMN seperti, BRI, Telkom, Wika, Pelindo, Pupuk Indonesia, Pertamina, PLN, PTPN 3 dan sebagainya.

Acara hari ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang dikemas dalam “Business Matching” ini berlangsung dari tanggal 22-25 Maret 2022.

Pemerintah optimistis, dari potensi belanja pemerintah pusat dan daerah yang mencapai Rp1.071,4 triliun, sebesar Rp400 triliun di antaranya akan diserap melalui komitmen belanja produk-produk dalam negeri sepanjang tahun 2022.

Selaras dalam penyelenggaraan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Bali pada 22-24 Maret 2022 lalu mendapatkan repson yang sangat positif.

Capaian komitmen sebesar Rp214,1 triliun dalam waktu tiga hari selama pelaksanaan Business Matching Belanja ini pun dicatat Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai transaksi terbesar belanja produk dalam negeri selama tiga hari.

Presiden RI Joko Widodo juga mengharapkan Pemerintah Daerah memanfaatkan Katalog Elektronik (e-katalog) yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk belanja barang Produk Dalam Negeri atau PDN.

Dengan memanfaatkan e-katalog ini akan mempermudah lelang yang selain menghindari potensi kecurangan, juga menumbuhkan geliat UMKM.

E-katalog ini juga akan sangat bermanfaat bagi banyak pihak dalam mendukung produksi dalam negeri termasuk UMKM. Sehingga bisa meningkatkan produksi dalam negeri yang dibeli oleh pemerintah.

PLT Bupati Kuansing, Suhardiman Amby menyampaikan pada saat setelah Rakor mengatakan “Bahwa rakor gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan oleh kementerian perindustrian republik Indonesia sesuai arahan Presiden RI Bapak Joko Widodo bahwa Pemda akan berkomitmen dalam menggunakan produk dalam negeri, dan ini kita telah jauh hari telah kita lakukan dari berbagai sektor

“Selanjutnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing sebagaimana Kabupaten lainnya akan berkomitmen memakai Produk Dalam Negeri, dengan melibatkan satker terkait seperti LPSE setda, Dinas Perindagkop serta lainnya, mudahan apa yang kita lakukan bisa lebih meningkatkan eksistensi produk lokal hingga bisa lebih semangat pelaku usaha khususnya di Kuansing”tutup Suhardiman Amby.

Laporan: (Neneng dari Bali)