Prodi Perbankan Syariah UIR mengadakan Sosialisasi BMT di Pondok Pesantren Al Munawwarah Pekanbaru

Kabarsiana.com, Pekanbaru – Tim dari Program Studi Perbankan Syariah UIR mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pondok Pesantren Almunawwarah Pekanbaru dengan Tema “Sosialisasi Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren Al Munawwarah Pekanbaru”.

Adapun tim pengabdian kepada masyarakat ini di ketuai langsung oleh Zulfadli Hamzah, B.IFB., M.IFB yang juga merupakan Ketua Program Studi Perbankan Syariah, dengan anggota tim terdiri dari 1. Mufti Hasan Alfani, SE.Sy., ME (Direktur BMT Darussalam), 2. Muhammad Arif, SE., MM (Ketua Prodi Ekonomi Syariah), 3. Zulbaidi, SE.Sy., ME (Direktur BMT DMI), pada kegiatan ini juga di bantu oleh 2 orang tim teknis dari mahasiswa Prodi Perbankan Syariah dan Prodi Ekonomi Syariah (Setia Ningsih dan Heni Wahyu Juliani).

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bermitra dengan Pondok Pesantren Al Munawwarah Pekanbaru yang jauh-jauh hari sudah berkeinginan untuk mendirikan lembaga keuangan BMT tersebut sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Pondok Pesantren Al Munawwarah Pekanbaru bukan hanya sekedar menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang kelembagaan BMT tetapi juga menambah motivasi agar lembaga BMT tersebut segara terbentuk.

Pada kegiatan kepada masyarakat kali ini di moderatori oleh Zulbaidi, SE.Sy., ME dengan dua orang Narasumber, Pertama, Zufadli Hamzah, B.IFB., M.IFB yang menjelaskan tentang bagaimana peranan BMT dalam peningkatan ekonomi pondok pesantren, Kedua, Mufti Hasan Alfani, SE.Sy., ME., yang menjelaskan secara detail tentang operasional BMT seperti simpan pinjam. Kegiatan ini tidak hanya di hadiri oleh Santriwan dan santriwati kelas 3 Aliyah tetapi juga di hadiri oleh Majelis Guru dan Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al Munawwarah Pekanbaru. Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar walaupun sedikit terganggu dengan adanya angin kencang dan suara hujan.(**/rls)