Cara Membantu Anak dalam Menjalani Pengobatan Penyalahgunaan Narkoba

Artikel247 Views

Penyalahgunaan dan kecanduan narkoba semakin umum di kalangan remaja. Anda tidak boleh menolak membantunya dalam rangka membantu anak dalam mengatasi masalah narkoba. Anda perlu memberikan dukungan serta dorongan semampu Anda jika ingin membuat mereka sehat kembali.

Mengakui Bahwa Anak Anda Memerlukan Bantuan

Waspadalah akan pengaruh kecanduan narkoba terhadap otak. Ketika seseorang kecanduan narkoba, maka hal itu memengaruhi otak dan perilaku dalam hal yang negatif. Sebelum Anda mulai memberikan bantuan pada anak, coba untuk memahami masalah mereka sehingga Anda dapat terhubung pada mereka serta memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik.

  • Narkoba meningkatkan level dopamin di dalam otak yang dapat memicu perasaan senang. Otak ingin mengulangi euforia ini yang membuat seseorang menjadi ketergantungan akan narkoba.
  • Karena perubahan kimiawi dalam otak, seseorang akan sulit untuk menghentikannya meskipun ia ingin. Perubahan pada otak ini juga dapat merusak persepsi seseorang terhadap perilakunya sendiri serta dapat membuat mereka merasa terkontrol dalam masalah mereka.
  • Seiring dengan waktu, konsumsi narkoba menjadi sama pentingnya dengan makan dan minum – kecanduan akan narkoba mulai mendominasi seluruh area dalam kehidupan mereka. Penggunaan dengan jangka panjang dapat mengakibatkan masalah seperti pelemahan kognitif, pengambilan keputusan yang buruk serta pemikiran irasional.

Ikut serta sedini mungkin. Jika Anda mencurigai bahwa anak Anda mengalami masalah dengan narkoba, jangan tunggu apa pun lagi. Ikut serta sedini mungkin dan berikan bantuan yang mereka perlukan.

  • Tanda-tanda yang dapat menunjukkan bahwa anak Anda memiliki masalah dengan narkoba adalah: perubahan perilaku, gangguan tidur, perilaku suka berahasia, kebutuhan akan privasi, nilai-nilai menurun, permusuhan, amarah, sering ke luar rumah dengan teman baru
  • Coba untuk berbicara pada anak Anda dan biarkan mereka mengakui bahwa mereka memiliki masalah. Jangan memarahinya. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ada di sana untuk mereka serta ingin membantu mereka menjalani semua.

Ketahui hal yang perlu diubah. Jika Anda menemukan bahwa anak Anda memiliki masalah akan narkoba, sadarlah bahwa Anda tidak dapat menghentikan masalah hanya dengan cold turkey atau menghentikan konsumsi narkoba dengan seketika. Terdapat beberapa masalah lain yang perlu diperhatikan:

  • Anak Anda perlu mengubah cara berpikir terhadap dirinya sendiri. Teman-temannya perlu diubah. Teman serta kelompok yang ada saat ini boleh jadi merupakan alasan utama di belakang kecanduan dan permusuhannya.
  • Anak Anda perlu meningkatkan kemampuan pengendalian stres. Anda perlu menemukan cara yang sehat bagi anak Anda untuk mengendalikan stres daripada dengan cara mengonsumsi narkoba.
  • Pastikan anak menghabiskan waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Berikan tugas atau proyek yang perlu diselesaikan. Harapannya, anak Anda dapat memahami cara memperoleh kepuasan dari kerja keras dan usaha daripada mencari kepuasan yang instan.
  • Dorong anak Anda untuk mengubah gaya hidup dan preferensi. Bantu mereka untuk membuat pilihan baru dan tinggalkan pilihan lama yang membantunya kecanduan.

Bantu anak untuk memahami mengapa pengobatan itu penting.Penolakan merupakan hal pertama yang ditemukan oleh keluarga saat mereka mencoba untuk mengajak anak mereka menjalani pengobatan penyalahgunaan narkoba. Untuk membantu anak dalam mengatasi penolakan dan kecanduan, Anda perlu melakukan langkah-langkah mudah ini:

  • Berikan konseling dari psikiater atau konselor di pusat rehabilitasi untuk anak Anda karena mereka dapat mengetahui pengobatan khusus untuk masalah yang dialami anak Anda.
  • Bantu anak untuk menyadari kondisi sebelum dan setelah menggunakan narkoba. Hal ini dapat membantu mereka menyadari betapa penting pengobatan untuk dilakukan.
  • Bantu anak Anda mengakui rintangan untuk berubah serta dorong mereka ke arah kehidupan normal dan sehat. Ingatkan mereka tentang mimpi serta cita-cita yang dimiliki sebelum mengalami masalah dengan narkoba serta dorong mereka untuk kembali ke jalan yang benar.

Membantu Anak Melalui Pengobatan

Gambar berjudul Help Your Child Get Through Drug Abuse Treatment Step 5

Atasi rasa takut anak Anda akan pengobatan. Terdapat banyak kecemasan yang dapat membuat anak Anda enggan menjalani pengobatan dengan sepenuhnya. Anda perlu melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasinya:

  • Anak Anda mungkin takut akan cara pengobatan serta dampak pengobatan bagi dirinya. Pada dasarnya, itu merupakan rasa takut normal dan dapat dipahami yang diakibatkan oleh rasa tidak tahu.
  • Anak Anda mungkin percaya bahwa mereka tidak dapat mengendalikan kecanduan narkoba. Hal itu dapat mengurangi efektivitas pengobatan.
  • Anak Anda mungkin risau akan pengendalian gejala dan apakah akan terasa sangat sakit atau tidak.
  • Anak Anda juga dapat takut untuk meninggalkan teman lama yang terlibat kecanduan narkoba.
  • Anak Anda dapat takut terisolasi secara sosial serta dicemooh oleh teman-temannya, dll.
  • Semua kerisauan ini perlu diatasi saat anak akan melakukan pengobatan secara efektif.
Gambar berjudul Help Your Child Get Through Drug Abuse Treatment Step 6

Pelajari cara penanganan keadaan jiwa saat penarikan diri. Selama pengobatan, anak Anda akan melewati banyak fase yang berbeda. Anda harus memahami keadaan jiwa anak Anda. Detoksifikasi, dampak penarikan diri dan hasrat yang kuat sulit untuk dikendalikan. Selain itu, anak Anda juga dapat berperilaku agresif, mudah marah atau merasa tertekan dan cemas. Tangani seluruh keadaan ini sebaik mungkin untuk membantu anak melewati proses pengobatan dengan cara yang positif. Beberapa cara yang umum dilakukan dalam menangani goncangan keadaan jiwa dan penyerangan tersedia di bawah ini:

  • Jangan berdebat secara berlebihan dengan anak. Hal itu dapat mengarah pada rasa tidak percaya dan penyerangan.
  • Tegas dalam menyampaikan pandangan, tetapi hindari berperilaku agresif karena tidak akan membantunya dalam memahami pandangan Anda.
  • Dengarkan anak dengan hati-hati dan tanya kebutuhannya. Hal itu dapat membantu mereka menghargai usaha yang dilakukan.
  • Sering berikan harapan dan dorongan pada anak. Hal itu dapat memotivasinya untuk berubah.
  • Sabar dan sopan pada anak. Ini adalah saat Anda dapat membantunya memperoleh kembali kepercayaan yang hilang selama kecanduan.
Gambar berjudul Help Your Child Get Through Drug Abuse Treatment Step 7

Bantu anak untuk mengatasi hasrat akan narkoba. Hasrat akan narkoba dapat membuat penyakit kambuh selama pengobatan. Faktanya, hasrat akan narkoba merupakan penyebab ketergantungan kambuh kembali. Anda dapat membantunya dalam mengatasi hasrat akan narkoba dengan cara-cara berikut:

  • Dapatkan kepercayaan anak sehingga ia akan mengatakan pada Anda saat ia mengalami hasrat akan narkoba dan membantu mengatasinya.
  • Jauhkan ia dari teman dan tempat lama yang ia gunakan untuk menyalahgunakan narkoba.
  • Sibukkan ia dengan kegiatan yang ia sukai untuk membantu mereka mengurangi pemikiran tentang narkoba.
  • Bantu anak untuk berolahraga dengan teratur karena dapat membantu mengatasi hasrat akan narkoba.
  • Bantu mereka merasa lebih positif terhadap perubahan.
  • Bantu anak mengidentifikasi manfaat jangka panjang dari pengobatan yang dilakukan tanpa kambuh lagi, seperti pergi kuliah.
Gambar berjudul Help Your Child Get Through Drug Abuse Treatment Step 8

Ingat bahwa meninggalkan teman lama itu tidak mudah bagi anak. Hal itu merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi anak saat melakukan pengobatan penyalahgunaan narkoba. Teman yang dimiliki saat menyalahgunakan narkoba mungkin sangat berkesan bagi mereka. Cukup sulit untuk membuang kenangan tersebut. Bantu anak dalam mengatasi perasaan ini dan bantu mereka mendapatkan kelompok teman yang lebih aman.

  • Bantu mereka mengidentifikasi bagaimana teman buruk dapat merusak pengobatan yang dilakukan.
  • Perkenalkan mereka dengan teman baru dan teman sebaya melalui kegiatan-kegiatan yang positif.
  • Buat lingkatan sosial yang kuat di sekitar anak sehingga ia tidak merasa sendirian atau kembali pada teman lamanya.
Gambar berjudul Help Your Child Get Through Drug Abuse Treatment Step 9

Waspadalah akan rasa kambuh. Segera hubungi konsultan dan pusat rehabilitasi saat anak menunjukkan tanda-tanda kambuh, sehingga konseling dapat diberikan sesegera mungkin. Ingat bahwa terdapat tanda-tanga kambuh tertentu yang perlu ditemukan selama anak menjalani pengobatan penyalahgunaan narkoba. Tanda-tanda umumnya tercantum di bawah ini:

  • Hasrat akan narkoba yang berlebihan yang ditunjukkan melalui rasa sakit di tubuh dan masalah tidur.
  • Gocangan keadaan jiwa dan penyerangan akibat tidak dapat mendapatkan narkoba.
  • Berhubungan dengan teman lama yang menyalahgunakan narkoba juga.
  • Keluhan dari pihak sekolah karena anak kurang konsentrasi dan perhatian.
  • Ketegangan hubungan antara orangtua dan saudara karena keadaan jiwa yang agresif dan ketidakmampuan dalam mengatasi hasrat akan narkoba.

Perhatikan Diri Anda Sendiri

Gambar berjudul Help Your Child Get Through Drug Abuse Treatment Step 10

Jaga diri Anda sendiri. Meskipun tampaknya waktu Anda dihabiskan untuk menjaga dan mengkhawatirkan anak Anda, penting juga untuk menjaga diri Anda sendiri. Pastikan Anda tidur dengan cukup, berjalan jauh untuk menjernihkan kepala atau mandi dengan rileks setelah hari yang panjang.

  • Jika Anda merasa sangat lelah, Anda akan menjadi kurang sabar dalam menangani anak dan bahkan dapat bertingkah agresif atau marah kepada mereka. Hal itu tidak diperlukan oleh anak Anda.
  • Saat pikiran Anda sedang tenang, Anda akan lebih siap dalam menangani anak Anda. Saat ini, penting untuk sehat secara mental dan fisik.
Gambar berjudul Help Your Child Get Through Drug Abuse Treatment Step 11

Cari konseling untuk setiap emosi negatif dan perasaan bersalah. Sangat umum bagi orangtua yang memiliki anak pecandu narkoba dalam mengalami perasaan bersalah dan malu yang berlebihan saat mengetahui bahwa anak mereka memiliki masalah dengan narkoba.

  • Jika Anda memiliki kesulitan akan perasaan-perasaan tersebut serta mempengaruhi hubungan dengan anak atau pasangan Anda, maka penting untuk mencari bantuan konselor atau terapis yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut untuk Anda.
  • Ingat bahwa tidak ada gunanya untuk menyalahkan diri Anda dengan pertanyaan seperti “Apa salahku?” atau “Apa yang seharusnya aku lakukan?” Apa yang terjadi terjadilah. Hal yang penting saat ini adalah Anda ada untuk anak Anda saat mereka sangat memerlukannya.
Gambar berjudul Help Your Child Get Through Drug Abuse Treatment Step 12

Jangan lupa untuk memerhatikan anak Anda yang lain. Saat salah satu anak Anda mengalami masalah akan narkoba, biasanya Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu dan perhatian padanya. Namun begitu, jangan melupakan anak Anda yang lain selama masa sulit ini, karena mereka juga memerlukan kasih sayang dan perhatian Anda.

  • Mereka dapat merasa terlupakan atau bahkan cemburu terhadap saudaranya yang pecandu yang menerima seluruh perhatian dan kasih sayang. Mereka bahkan dapat bertingkah dan mulai berperilaku tak pantas hanya untuk mendapatkan perhatian Anda.
  • Maka dari itu, coba untuk menyeimbangkan waktu Anda dengan anak Anda yang lain secara individual.
Gambar berjudul Help Your Child Get Through Drug Abuse Treatment Step 13

Cari konseling dengan Dokter Adiksi jika diperlukan. Jangan ragu untuk mencari konseling konselor adiksi jika Anda merasa masalah narkoba anak Anda.
Yayasan Arkananta Sejiwa Indonesia (ARSI) memberikan pelayanan konsultasi baik bagi penderita kecanduan, keluarganya, atau anggota masyarakat lainnya.

Bergabunglah bersama kami untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dengan saluran media mosial kami. Terus ikuti kabar dari kami di :

View this post on Instagram

Punya masalah kesehatan atau butuh informasi mengenai kecanduan narkoba. Tanyakan dan temukan solusi masalah kecanduan anda bersama Yayasan Arkananta Sejiwa Indonesia (ARSI) yang di managed oleh Behave Klinik. Yayasan Arkananta Sejiwa Indonesia (ARSI) merupakan pusat pemulihan (Recovery Center) yang berdiri melalui kepedulian sebuah komunitas dari Dokter Adiksi, Psikiatri, Psikolog, Perawat dan Konselor Adiksi berpengalaman dan responsif membantu para korban penyalahgunaan dan para pecandu narkoba. Layanan kami – Rehabilitasi Rawat Inap – Rehabilitasi Rawat Jalan – Detoksifikasi – Konsultasi Dokter Adiksi – Konsultasi Psikiatri – Konsultasi Psikologis – Konsultasi Konselor Adiksi – Akupuntur – Konseling Keluarga – Terapi Relaksasi (Hypnotheraphy) Jika Anda menyukai pelayanan kami dalam membantu korban penyalahgunaan narkoba dan para pecandu narkoba, bantu kami menyebarkan keberadaan rehabilitasi ini dengan cara " LIKE" dan SHARE sehingga orang lain tahu dan bisa berguna untuk orang banyak. Bergabunglah bersama kami untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dengan saluran media mosial kami. Terus ikuti kabar dari kami di : Instagram : @Arkanantasejiwa Fanspage : Rehabilitasi Arkananta Sejiwa Indonesia Info & Konsultasi (Gratis) +62 813 1824 3867 +62 811 884 7454 Alamat Kantor : Komplek Nirwana Park Sawangan, Jl. Rotan, Bojongsari Baru, Kec. Bojongsari, Kota Depok Jawa Barat. #rehabilitasi #rehab #narkoba #adiksi #recovery #health #indonesia #physicaltherapy #physiotherapy #fitness #physio #recovery #prehab #fisioterapia #exercise #mobility #injury #training #therapy #physiotherapist #movement #wellness #backpain #pain #massage #chiropractic #strength #injuryprevention #addiction #sportsmedicine

A post shared by Yayasan ARSI (@arkanantasejiwa) on

Info & Konsultasi (Gratis)
+62 813 1824 3867
+62 811 884 7454

Jika Anda menyukai pelayanan kami guna membantu korban penyalahgunaan narkoba dan para pecandu narkoba, bantu kami menyebarkan keberadaan rehabilitasi ini dengan “SHARE” sehingga orang lain banyak tahu. (Wikihow)