oleh

Pemko Siapkan Posko Kesehatan di Lokasi Banjir Teluk Keriting

Tanjungpinang,Terasriau.com– Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang menyiapkan posko kesehatan di lokasi banjir Teluk Keriting yang berdekatan dengan Dapur Umum Dinas Sosial dan Tagana Kota Tanjungpinang.

Posko kesehatan ini sebagai wujud respon yang dari pemerintah terkait kejadian banjir tersebut khususnya bagi masyarakat yang sudah menjadi korban banjir untuk memeriksakan kesehatannya. Kepala Dinkesdalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM, M.Si, saat ditemui di lapangan pada Jumat (18/1) malam, mengatakan terdapat banyak keluhan dari masyarakat karena kelelahan menguras dan membersihkan rumahnya. “Keluhan macam-macam, ada yang merasa kecapekan dan kurang enak badan, kebanyakan yang datang ibu-ibu yang berusia lanjut,” ungkap Rustam.

Rustam juga mengingatkan dampak yang terjadi pasca banjir. Menurutnya masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terjadinya penyakit yang timbul pasca genangan. “Usai genangan ini, diharapkan masyarakat langsung membersihkan sampah dan genangan air agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan vektor penyakit seperti nyamuk, sumur yang tercemar hendaknya dikuras dan dibersihkan dulu, walaupun hanya untuk mencuci, bukan untuk diminum,” lanjutnya.

Posko kesehatan ini berada di persimpangan Jalan Bhayangkara dan Jalan Usman Harun tepatnya di sebelah Posyandu Kasih Ibu dengan dokter yang sudah disiapkan oleh Pemko Tanjungpinang. “Kita minta para dokter tersebut dan tenaga medis untuk memantau apakah ada permasalahan kesehatan warga pasca banjir hingga 7 hari ke depan,” jelas Rustam.

Terkait Dapur Umum yang didirikan oleh Dinas Sosial dan Tagana Kota Tanjungpinang, telah menyiapkan makanan untuk masyarakat yang menjadi korban banjir. Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP juga mengunjungi dan meninjau dapur umum tersebut dan memberikan apresiasi kepada Tim Tagana yang telah bekerja dengan tulus ikhlas dan penuh semangat untuk membantu korban banjir. Selain itu, Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun juga mengunjungi dapur umum tersebut bersama Asisten 2 Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum yang didampingi oleh perangkat RT dan RW setempat.

Laporan (Donny)

Komentar

Berita Lainnya