oleh

Muhammad Rezki : Peran Pemuda Dalam Membangun Politik Cerdas

PEKANBARU, – Bagi bangsa Indonesia pemuda merupakan wujud kekuatan potensial yang menyatu kedalam tujuan negara yang tertuang dalam UUD 1945 bahwa “mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia”. Terlepas dari segi etimologi atau bukan memang harus kita yakini bahwa kecerdasan generasi bangsa menjadi tanggung jawab negara. Negara diharuskan terlibat penuh dalam pencerdasan kehidupan bangsa.

Kualitas pemuda ialah investasi utama bagi bangsa untuk memenuhi tuntutan politik dalam lingkungan globalisasi.

Loading...

Kesadaran akan pentingnya demokrasi menjadi salah satu pendorong pria kelahiran Kota Pekanbaru, Muhammad Rezky (27), mengabdikan diri masuk ke Bursa Pemilu Serentak pada 17 April 2019 Mendatang.

Pria yang disapa Rezki, siap maju sebagai caleg DPRD Kota Pekanbaru, Dapil IV Bukit Raya – Marpoyan Damai, Nomor Urut 8 melalui partai berlambangkan Kabbah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca Juga :  Dewi Belum Sadarkan Diri dari Ruangan ICU RSUD

Ia mengharapkan pemilu mendatang dapat berjalan secara demokratis, adil, jujur dan rahasia.

Kerna Indonesia akan mengukir sejarah baru pertama kalinya dilakukan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, yang akan dipilih pada hari yang sama dengan lebih dari 190 juta pemilih yang memenuhi syarat.

Tentunya pemilu berkualitas sangat tergantung bagaimana tahapan-tahapan penyelenggaraan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan agar tercipta pemilu yang baik.

” Proses politik yang cerdas akan melahirkan pemimpin yang berkualitas, dan pemimpin yang berkualitas akan mengantarkan masyarakat pada kemajuan dan keadilan, ujar Rizky kepada awak media, Kamis (17/1/2019).

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengawali pemilu mendatang yang bersih dan terhindar dari berbagai kecurangan kampanye hitam” dan politik uang”, tentu peran pemuda menjadi garda paling terdepan dalam mengawali proses demokrasi indonesia.

Baca Juga :  Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Oleh Pihak Notaris di Pekanbaru

Dalam hal ini pemuda sebagai aktor dalam membangun gerakan pemuda yang memiliki karakter kritis, independen, dan obyektif dalam mewujudkan suatu karakter nyata yang benar dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat.

” Kita yang seharusnya dapat meluruskan opini publik, politik tidak hanya berdampak negatif, namun lebih jauh dari itu, pada hakikatnya politik menjadi sarana mewujudkan berbagai harapan melalui partisipasi aktif dalam merealisasikan indonesia ke arah lebih baik, tambahnya.

Oleh karena itu peran pemuda menjadi solusi pada setiap zamannya dengan memberikan pencerdasan politik bagi masyarakat. (**)

Komentar

Berita Lainnya