oleh

Ternyata Warna Urin, Bisa Menunjukkan Keadaan Kesehatan Anda

-Kesehatan-136 views

TERASRIAU.COM – Kita tak pernah memperhatikan warna dari air kencing kita. Warnanya tersebut bisa berubah disetiap harinya. Perubahan warna tersebut ada penyebabnya. Tidak semata-mata berubah tanpa alasan.

Apakah Anda sering memperhatikan warna  urin Anda? Jika tidak, sebaiknya mulai sekarang membiasakan diri untuk melihat apa warna urin Anda, karena hal tersebut bisa menjadi diagnosis awal sebuah penyakit.

Loading...

Urin alias air kencing adalah produk buangan yang terdiri dari berbagai zat yang tidak diperlukan, bahkan racun bagi tubuh, yang berasal dari makanan maupun minuman yang kita konsumsi. Urin memiliki warna yang berbeda-beda tergantung dengan seberapa banyak air mineral yang dikonsumsi. Semakin banyak air mineral yang dikonsumsi, maka akan semakin jernih warna urin yang dikeluarkan tubuh. Perubahan warna urin terjadi ketika terdapat gangguan atau masalah dalam tubuh. Oleh karena itu, urin dapat menjadi indikator medis yang dapat menunjukkan status kesehatan seseorang.

Baca Juga :  Indonesia Hadapi Tiga Beban Penyakit

Di setiap warna memiliki arti yang berbeda terhadap kesehatan badanmu. Biar kamu gak bingung, simak informasi di bawah ini.

1. Pink dan kemerahan

Ini mungkin sangat tidak biasa dan mengkhawatirkan. Tapi bisa jadi normal jika penyebabnya adalah makanan atau obat-obatan. Jangan khawatir dulu, itu bisa jadi karena makan buah berri, atau naga yang menyebabkan urine jadi pink dan kemerahan. Itu hanya akan bertahan selama sehari, kalau lebih, sebaiknya pergi ke dokter untuk di periksa.

Kalau ada campuran seperti darah dalam urin, itu adalah tanda penyakit infeksi saluran kemih, ginjal, tumor maupun kanker. Jangan mengabaikan jika yakin ada yang aneh dengan urine.

2. Orange

Jika warna air kencing berwarna orange, itu bisa jadi karena habis meminum obat anti inflamasi. Obat pencernaan atau obat kemoterapi juga menyebabkan warna orange. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak Vitamin B2 dan wortel juga bisa jadi alasan wananya orange.

Baca Juga :  Ini Cara Mudah Berhenti Merokok sekaligus Hilangkan Jejak Racun di Dalam Tubuh

Sebaiknya perbanyak minum air. Bisa jadi warna ini adalah indikasi bahwa sedang dehidrasi. Jika warna ini tidak berubah, periksa mata, warna kekuningan pada bagian putih bisa jadi tanda hatimu tidak berfungsi dengan baik.

3. Hijau atau biru

Adalah hal biasa jika mengalami warna ini pada air kencing dalam sehari sampai dua hari setelah mengonsumsi asparagus atau sayuran lainnya. Namun, mengalami ini lebih dari tiga hari adalah tanda terkena infeksi saluran kencing langka yang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas. Segera hubungi dokter.

4. Transparan

Alias bening. Kalau air kencingmu berwarna bening, itu bisa jadi karena kamu sudah minum terlalu banyak air putih. Hal itu bisa menyebabkan resiko tertentu seperti penipisan garam dalam tubuh. Dampaknya bisa membuat ketidak seimbangan kimia dalam tubuh. Jika air kencing berwarna bening, maka pertimbangkan untuk minum lebih sedikit air.

Baca Juga :  Wah Kurang Tidur Ternyata Berbahaya Bagi Kehidupan Seksual

5. Cokelat

Dehidrasi bisa menyebabkan urine berwarna cokelat. Perhatikan ini, jika kamu sudah minum banyak air putih tapi warna itu tidak hilang, maka itu adalah peringatan bahwa ada masalah pada hati dan ginjal. Dan jika urine cokelat ini disertai dengan sakit perut, ruam dan kejang, itu bisa jadi berdampak lebih parah seperti tumor.

Idealnya, urin haruslah berwarna kuning pucat. Warna ini menunjukkan keseimbangan yang baik dan tubuh telah terhidrasi dengan baik juga. Jika lebih pekat maka harus minum lebih banyak air. Mulai sekarang, perhatikan warna air kencingmu karena itu bisa memberitahumu bagaimana kesehatan badanmu.

Komentar

Berita Lainnya