FPK Riau Kunker ke Kesbangpol dan FPK-LKMMD Kota Dumai

News45 Views

 

TERASRIAU, PEKANBARU – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kabupaten/kota se Provinsi Riau. Kali ini forum yang menghimpun etnis dan suku-suku se Nusantara ini melakukan kunker ke Kota Dumai.

Di Kota Minyak itu rombongan FPK Riau diterima Kesbangpol dan jajaran Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Lembaga Kerukunan Masyarakat Dumai (FPK-LKKMD) Kota Dumai. Pertemuan berlangsung di Ruang Mulia 1 Hotel Grand Zuri Kota Dumai, Rabu (15/5/2024).

Rombongan FPK Provinsi Riau dipimpin Sekretaris FPK Riau, Drs. Jailani. Ikut dalam rombongan Wakil Ketua FPK Riau, Dr.Hj.Nurliah, SH,MH, Koordinator Hubungan Antar Paguyuban FPK Riau, Max Robert Rumengan, Wakil Sekretaris FPK Riau, Saparudin Koto, SP dan Sekretariat FPK Riau Ade Ayu dan Faiza

Sementara dari Kesbangpol Dumai hadir Kabid Idiologi dan Wawasan Kebangsaan, Wawan Kurniawan,M.S Kom, M.Si, Staf Kesbangpol dumai, Hendra Irawan, SH dan Isnawari, S,Sos. Tampak hadir juga Ketua FPK-LKKMD Kota Dumai, Dr. Ahmad Rozali Akbar, SH, MH, Ketua Harian, Candra Abdul Ghani,  Sekretaris  Zainal Arif, Wakil Ketua Organisasi dan Hubungan Antar Lembaga, Abdul Rahim serta puluan Pengurus FPK-LKKMD  lainnya dan ketua-ketua serta perwakilan Paguyuban yang tergabung dalam FPK-LKKMD Kota Dumai.

Acara diawali dengan ramah tamah dan saling berbagi cerita antar Pengurus FPK Riau dan Pengurus FPK-LKKMD Kota Dumai. Kedua belah pihak saling berbagi informasi seputar Pembauran Kebangsaan di Kota Dumai. Pada kesempatan itu juga diputar video pendek Pegelaran Parade Bhineka Tunggal Ika tahun 2023 lalu.

Sekretaris FPK Riau, Drs. Jailani menyampaikan tentang akan dilaksanakannya even besar di FPK Riau yakni Parade Bhineka Tunggal Ika, yang tahun ini rencananya akan dihadiri FPK Kabupaten/Kota dan Provinsi se Indonesia.

“Parade Bhineka Tunggal Ika seperti tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Riau dan HUT RI.Rencananya tahun 2024 ini kemendagri RI akan mengundang FPK se Indonesia untuk hadir dalam Parade Bhineka Tunggal Ika di Provinsi Riau. Karena itu kami mengajak FPK Dumai dan FPK Kabupaten/Kota lainnya se Riau ikut meramaikan parade itu dengan mengirimkan delegasi mengikuti pawai dan pertunjukan budaya,” katanya.

Jailani menyampaikan Parade Bhineka Tunggal Ika merupakan parade budaya etnis Nusantara. Selain itu juga ditampilkan kesenian tradisional di Panggung Utama. “Tahun lalu parade diikuti 70 Paguyuban,semua kesenian ditampilkan seperti Randai dari Kuansing, Tari Piring dan Gandang Tasa dari Minangkabau, Tarian Kecak dari Bali, Tarian Saman dari Aceh, Barongsai dari Tionghoa, Tor-tor dari Batak dan sejumlah pertunjukan lainnya,” katanya.

Wakil Ketua FPK Riau, Dr.Hj.Nurliah, SH, MH menambahkan pengtingnya pemberdayaan perempuan di FPK-LKKMD Kota Dumai. “Di FPK Provinsi setiap tahun dilaksanakan program pemberdayaan Perempuan. Mudah-mudahan FPK-LKKMD Kota Dumai juga melaksanakan itu termasuk melaksanakan Pendidikan politik untuk kaum perempuan,” ujar Ketua Kerukunan Keluarga Indaragiri Hilir (KKIH) Provinsi Riau yang juga mantan Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar ini.

Sementara Ketua FPK-LKKMD Kota Dumai, Dr. Ahmad Rozali Akbar, SH, MH menyambut baik pelaksanaan Parade Bhineka Tunggal Ika di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Menurutnya jika memungkinkan FPK-LKKMD Kota Dumai akan berpartisipasi dalam acara itu. “Jika boleh usul kita meminta agar FPK-LKKMD kota Dumai dilibatkan dalam kepanitiaan. Jika memungkinkan tahun mendatang da agenda-agenda FPK Riau yang dilaksanakn di Dumai,” katanya.

silahturahmi dan diskusi berlanjut hingga menjelang Magrib. FPK Riau dan FPK-LKKMD saling berdikusi tentang keberangaman pembauran kebangsaan. Termasuk berdiskusi tentang pelaksanaan Pemilukada serentak tahun 2024 ini. (*)