Segera Lunasi Pajak Kendaraan untuk Kepastian Jaminan Kecelakaan Lalu Lintas, Layanan Sabtu Tetap Buka

HukRim363 Views

 

Pekanbaru, – Meningkatnya arus lalulintas di jalan raya saat musim mudik lebaran Idul Fitri beresiko meningkatnya angka kecelakaan. Lunasnya pajak kendaraan menjadi kepastian jaminan kecelakaan lalu lintas.

Seiring momen tersebut, Pelayanan di Kantor Samsat se Provinsi Riau masih memberikan pelayanan dalam dua hari tanggal 5–6 April 2024 ini jelang libur dan cuti bersama Idul Fitri Tahun 2024, untuk itu Kepala Bapenda Riau, Evarefita, SE, MSi menghimbau masyarakat pemilik kendaraan untuk memanfaatkan fasilitas pembayaran pajak kendaraan yang ada.

“Petugas kami sudah siap untuk melayani masyarakat menjelang libur panjang ini. Kami menyarankan agar masyarakat memanfaatkan fasilitas pembayaran pajak ranmor yang ada, seperti Samsat Drive Thru, Samsat Keliling, Samsat MPP, Samsat Tanjak dan aplikasi Samsat Digital Nasional.” ujar Kepala Bapenda kepada media di ruangan kerja Kantor Bapenda Riau, Jalan Sudirman Pekanbaru, Kamis, 4 April 2024.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Cabang Jasa Raharja Riau, Hasjuddin SE, MM mengatakan masa libur Idul Fitri 1445 H tanggal 8 April hingga 15 April 2024 dipastikan akan terjadi peningkatan transportasi masyarakat dan resiko kecelakaan pun akan meningkat.

Kaitan tersebut Jasa Raharja menghimbau untuk keamanan dan kenyamanan serta kepastian perlindungan kecelakaan masyarakat diminta segera lunasi pajak ranmor sebelum melakukan mudik.

“Agar perjalanan mudik lebih nyaman, jangan lupa melunasi pajak kendaraannya. Pemudik akan lebih tenang saat berlalu lintas karena legalitas surat-surat kendaraan yang telah disahkan serta kepastian perlindungan kecelakaan dari Jasa Raharja,” imbau Hasjuddin ditempat terpisah.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Riau, Evarefita juga menegaskan fasilitas pembayaran pajak kendaraan, melalui aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) tanpa harus datang ke kantor samsat pun dapat dilakukan. Aplikasi pembayaran pajak kendaraan online ini dikhususkan untuk pengesahan tahunan sebelum jatuh tempo masa berlakunya. “Untuk yang sudah terlanjur berada di kampung halaman, masih tetap bisa bayar kendaraannya dengan aplikasi Signal.(*)