Giat Ikatan Keluarga Siberakun Buat Bergetar Hati Orang Beriman

Giat Ikatan Keluarga Siberakun Buat Bergetar Hati Orang Beriman

TERAS Riau Siberakun-Silaturrahmi pada kegitan Buka Puasa bersama sungguh membuat gemetar hati orang beriman. Pasalnya, acara oleh Ikatan Keluarga Siberakun yang biasa disingkat dengan ‘Iklusib’ itu, juga menyantuni ratusan Anak Yatim, Dhuafa, Imam, Gharim Masjid dan orang-orang yang benar benar membutuhkan  di Seputar Kenegerian Siberakun.

 

Silaturahmi pada hari baik dan pada bulan baik itu, dilaksanakan di Rumah kediaman Kepala Desa Siberakun, Ardilis, pada Sabtu 6 April 2024. Petang WIB hingga selesai.

 

Ardilis yang terkesan cepat dalam bergerak itu menyampaikan,”Momen penting pada Setiap Ramadhan ini, kehadirannya memang sangat kami nanti-nanti bersama masyarakat, bahwa membuat hati kami bergetar saat hikmah hikmah Ramadhan menusuk ke Qolbu kami,”Ucap Ardilis dengan keseriusan terpancar di wajahnya.

 

Bukan ‘mandiar-mandiar’!, puluhan bahkan ratusan masyarakat Siberakun kebegitu antusias pada momen silaturrahim yang sebut juga ‘Pulang Basamo’ itu.

 

Silaturahmi rutin setiap tahun itu, kali ini dihadiri oleh empat Tokoh dari perantauan. Pertama, H. Marlius Hamady.S.Pd (mantan Kabid Dikdas Disdik Provinsi Riau), kedua, H.Ahmad Hanafi SKM.M.Kes (mantan Kadiskes Kuansing dan Kampar), ketiga, Drs.H.Idris Sulaiman (mantan Guru SMA Seri Rama (Sera) Pekanbaru) dan Keempat atau terakhir Dr. Drs. Edu Yusrianto M.Pd.

 

Salah-seorang Pembina Iklusib tersebut Dr.Drs.Edi Yusrianto M.Pd mengatakan,”Mewakili semua pembina, kami sangat bangga sekali, selain dapat bersilaturrahim dengan sesama masyarakat Siberakun, Forkompindes. BPD, Pengurus Mesjid, Ninik Mamak dan tokoh masyarakat dapat mengingatkan kembali kenangan indah sesama masyarakat Siberakun, baik yang datang dari perantauan maupun yang berdomisili di kampung halaman,”Ucap Dr Edy yang juga ‘Abang Ipar’ Kades Siberakun itu.

 

Dr. Edi menambahkan bahwa kegiatan rutin tahunan itu yang dilaksanakan pada setiap tahun di Bulan Ramadhan. Kegiatan itu, masih kata Dr.Edi, selalu mengunjungi dua Masjid secara bergiliran.  “Giliran tahun ini Mesjid Al-Jihad Siberakun dan tanggal 7 April di Mesjid Al-Muhajirin Banjar Lopak,”Terang Dr.Edi ke Awak Media ini yang agak sedikit ‘bucubacar’ namun selalu mencerdaskan dan menjelaskan.

 

Tidak tanggung-tanggung untuk berbuat baik pada bulan Ramadhan, kegiatan tersebut juga dikemas dengan pemberian bantuan untuk para dhuafa dan fakir miskin. Tahun ini, 1445 H/2024M. Bantuan tidak hanya datang dari para donatur perantau se-Indonesia, namun juga datang dari berbagai Negara. Seperti Johor, Segambut dan Segamat Malaysia. Intinya, para donatur itu berasal Siberakun atau bisa kita sebut “Berdarah Siberakun”.

 

Untuk diketahui,  130 paket sembako itu disalurkan untuk anak Yatim, dhuafa, Imam Besar dan Imam Timbalan, Gharim Utama dan Timbalan serta Pengurus Mesjid dan Jemaah tertua usianya di Mesjid itu juga tersedia 42 helai kain sarung.

 

Terakhir, Kades Siberakun, Ardilis, dalam sambutannya mengatakan,”Kami dari Pemdes berharap agar masyarakat kita semakin kompak dan bersatu padu, bahu membahu memikul beban yang berat agar menjadi ringan dengan kebersamaan kita Masyarakat Siberakun dimana pun berada,”Ucap Ardilis Kades fenomenal dan selalu berbaur di berbagai elemen masyarakat Kuansing itu.

 

Acara ditutup dengan saling bercengkrama sesama hadirin dan foto bersama. (Krt)