Psikoedukasi Resilien Guru PAUD: Upaya Menangani Anak Berkebutuhan Khusus di TK Pembina 1 Pekanbaru

Pendidikan337 Views

Terasriau.com – Guru merupakan bagian penting atas jalannya roda Pendidikan. Satuan sistem pendidikan dapat berjalan baik bergantung pada beberapa faktor, seperti guru, murid, kurikulum, dan fasilitas, Keberadaan guru yang latar belakang pendidikan khusus penting pada sekolah ramah anak, agar mereka memahami bagaimana menghadapi anak berkebutuhan khusus disekolah regular.

Pada kenyataannya Guru TK Pembina 1 Pekanbaru yang menerima anak berkebutuhan khusus masih banyak yang belum memahami tentang Anak berkebutuhan khusus. Mereka masih bingung bagaimana menghadapi anak berkebutuhan khusus, serta bagaimana guru guru tetap dapat tangguh / resilien dalam mengahdapi anak berkebutuhan khusus.

Di perguruan Tinggi, tugas pokok dari dosen adalah menjalankan Tri Dharma perguruan Tinggi yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian Masyarakat pada tim ini adalah Psikoedukasi : Pentingnya Pengetahuan tentang Anak Berkebutuhan Khusus dan Pelatihan Kemampuan Resiliensi Guru PAUD Pada Sekolah Ramah Anak (SRA)Di TK Pembina 1 Pekanbaru dari Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dari Fakultas Agama islam Universitas Riau ini terdiri dari : Alucyana, M.Psi, Psikolog, Irfani Rizal, M.Psi, Psikolog dan Raihana, M.A serta di bantu oleh beberapa mahasiswa dari Prodi PIAUD . Tujuan dari kegiatan ini adalah agar guru memperoleh pengetahuan tentang Anak berkebutuhan khusus dan mampu melatih diri untuk resilien dalam menghadapi Anak berkebutuhan khusus.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa 10 Oktober 2023 di Aula TK Pembina 1 Pekanbaru yang di hadiri 15 Guru PAUD TK Pembina 1 Pekanbaru. dan ditambah dengan 10 orang dari orang tua yang memiliki Anka berkebutuhan khusus (red/rls)