Dandim 0302/Inhu Pimpin Upacara HUT TNI Ke-78

Dandim 0302/Inhu Pimpin Upacara HUT TNI Ke-78

TERAS RIAU RENGAT – Kodim 0302/Inhu laksanakan Upacara Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 78 dilingkungan TNI jajaran Korem 031/Wira Bina tahun 2023 yang berlangsung dengan khidmat di Lapangan Makodim Minggu (1/10/2023) Bertempat di Lapangan Makodim 0302/Inhu Jl. Letjen R. Suprapto Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Inhu. Rabu (5/10/2022).

 

Upacara HUT TNI Ke-78 yang mengusung tema “TNI Patriot NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia maju” Para perwira Bintara Tamtama dan pegawai negeri sipil TNI yang saya cintai dan saya banggakan di manapun berada dan bertugas sebagai insan yang bertakwa Marilah kita senantiasa mengajarkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena atas limpahan rahmat dan karunianya pada hari ini kita dapat hadir pada upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia dalam keadaan sehat walafiat.

 

Kegiatan Upacara HUT TNI Ke-78 di Makodim 0302/Inhu selalu Inspektur Upacara Letkol Kav. Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos., M.I.P ( Dandim 0302 / Inhu ) Selaku Inspektur Upacara Kapten Inf Aplison Selaku Komandan Upacara Kapten Inf Ardiasman Selaku Perwira Upacara sementara Serda Darman Harahap Selaku Pengucap Sapta Marga.

 

Selain dari Letkol Kav. Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos., M.I.P ( Dandim 0302 / Inhu ).juga dihadiri oleh AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K  (Kapolres Indragiri Hulu ),Rezita Meylani Yopi, SE ( Bupati Kab. Inhu),Elda Suhanura, SH, MH ( Ketua DPRD Kab. Inhu) ,Shanti Evi Dimeti, SH( Kasatpol PP Kab. Kuansing  mewakili Bupati Kab. Kuansing), Kompol Lilik Surianto S.ST., SH(Waka Polres Kuansing), Romiyasi, SH ( Kepala Kejaksaan Negeri Inhu) ,Chandra Gautama, SH, MH ( Ketua Pengadilan Negeri Rengat) ,H. Rajuki Ridwan( Mewakili Kepala Kakan Kemenag Kab. Inhu) ,Bambang Indramawan, S.STP, M.SP ( Kaban Kesbangpol Kab. Inhu) ,Roma Doris, SS, MPS, M.Eng ( Kadis PMD Kab. Inhu) H.Ergusfian, S.Sos ( Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kab. Inhu)  Ori Anang Wibisono (Kadis DLH) Jawalter Situmorang, M.Pd ( Kadis Perhubungan Kab. Inhu) ,Rika Varia Nora, S.Si, T. M. ( Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Inhu) ,Tukiyat, S.Sos (Kasat Pol PP Kab. Inhu), Dodi Iskandar ( Kalaksa KPBD Kab. Inhu), Datuk Seri Ali Fahmi Aziz ( Ketua Umum DPH LAMR Inhu) ,Taufik Hidayat ( Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab. Inhu),Para Perwira Staff dan Danramil Jajaran Kodim 0302/Inhu dan tamu undangan.

 

Dandim 0302/inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos,M.I.P menyampaikan serta  membacakan amanat dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M

 

kepada para peserta upacara yang saya banggakan TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun

 

Berbagai macam ancaman gangguan hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan negara keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil di atas dengan baik.”katanya.

 

Selanjutnya, berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di Tanah Air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi loyalitas dan profesional yang telah ditunjukkan selama ini.

 

Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan setelah pandemi covid 19 mereda dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan krisis energi dan krisis finansial,

 

Selain itu juga pada situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia .

 

Dan di lingkungan nasional beragam potensi ancaman juga semakin Kompleks untuk itu momentum ulang tahun atau 78 TNI harus kita jadikan sebagai intropeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional modern dan tangguh”terangnya.

 

Peringatan hari ulang tahun ke-78 pada tahun 2023 ini mengusung Tema TNI Patriot NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia maju, yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat Mandiri maju dan sejahtera.

 

Tema ini diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024.

 

Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serta di 548 daerah yaitu pada 38 provinsi 415 kabupaten dan 98 kota madya kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara di ke depan untuk menyikapi kondisi tersebut para prajurit TNI dituntut untuk vokal dan antispatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa .

 

TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan pemilu 2004 berlangsung dengan Aman damai dan sejuk.”ungkapnya

 

Untuk menghadapi spektrum ancaman kedepannya semakin luas dan kompleks tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi milik militer terkini sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta memiliki daya getar tinggi di lingkungan di lingkungan strategis regional maupun global pembangunan.

 

Juga modernisasi kekuatan TNI saat ini tengah dilakukan secara bertahap hal tersebut akan terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan sesuai dengan kemampuan negara ,TNI harus terus melakukan adopsi Inovasi dan rekayasa teknologi mutakhir memberdayakan industri pertahanan Global dengan Memegang teguh semangat kemandirian melalui penguatan industri pertahanan dalam negeri guna tercapainya moto TNI yang diharapkan.

 

Tidak hanya itu akan tetapi juga melalui penguatan budaya strategi ,prajurit TNI harus tetap menjadi pagar serta pondasi utama dalam pertahanan yaitu TNI yang semakin profesional dan Manunggal dengan rakyat sebagai bentuk perwujudan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta.

 

Tentunya yang melibatkan seluruh warga negara wilayah maupun sumber daya nasional lainnya dan untuk menegakkan kedaulatan negara dengan melindungi segenap bangsa dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”Dandim akhiri amanatnaya.

 

Mengakhiri sambutannya Dandim mengatakan upacara hari ini merupakan rangkaian puncak HUT TNI ke-78 yang dilakukan jajaran Kodim 0302/Inhu.

 

Usai Pelaksanaan upacara tersebut juga dilanjutkan dengan Defile pasukkan anggota Kodim 0302/Inhu jajaran dan peserta upacara lainya.**