Lulusan SD yang Menghafal 2 Juz Alquran Berhak Memilih SMP Negeri di Pekanbaru

Dalam upaya penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Pekanbaru, Dinas Pendidikan (Disdik) telah membuka proses tersebut pada tanggal 26 Mei 2023

Pendidikan174 Views

Terasriau.com-Dalam upaya penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Pekanbaru, Dinas Pendidikan (Disdik) telah membuka proses tersebut pada tanggal 26 Mei 2023. Disdik memberikan perlakuan istimewa bagi lulusan sekolah dasar (SD) yang telah menghafal Alquran minimal dua juz.

“Kami menyelenggarakan PPDB secara daring hanya untuk SMP negeri. Sementara itu, PPDB untuk SD negeri akan dilakukan secara tatap muka,” ungkap Abdul Jamal, Kepala Disdik Pekanbaru, pada Jumat (2/6/2023).

Mengacu pada surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sistem PPDB masih menggunakan zonasi. Terdapat tiga jalur dalam PPDB kali ini, yakni jalur zonasi bagi calon peserta didik dengan sekolah terdekat, jalur afirmasi untuk mereka yang berkekurangan, jalur pindah dari luar kota, serta jalur prestasi.

Selain itu, terdapat pula jalur khusus bagi peserta didik yang telah menghafal Alquran dan ingin masuk ke SMP negeri. Bagi mereka yang menghafal dua hingga lima juz, kami menganjurkan agar mereka dapat diterima di SMP negeri pilihan mereka,” ujar Jamal.

Saat ini, Disdik belum menentukan kuota untuk SD maupun SMP negeri. Namun, diperkirakan akan terjadi penurunan kuota dalam PPDB tahun ini.

“Jumlahnya masih dalam perhitungan rinci. Terlebih lagi, ada dua SMP baru yang akan menerima peserta didik,” tambah Jamal.