Jelang Agustus Pemuda Pulau Godang Kari Latihan Pacu Jalur

Jelang Agustus Pemuda Pulau Godang Kari Latihan Pacu Jalur

Inspirasi764 Views

TERAS RIAU – Pulau Godang Kari- Lebih kurang dua bulan lagi, Pacu Jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan akan dihelat. Sebelum mengikuti Ivent Nasional, jalur Montiko Limbek Putie akan mengikuti pacu jalur di Tepian Pantai Lubuk Terentang Gunung Toar yang akan di adakan pada tanggal 4 sampai 6 Juli mendatang.

Nah! saat ini, hampir seluruh desa di Kuansing melaksanakan latihan Pacu Jalur, tidak ketinggalan Pemuda Pulau Godang Kari, kecamatan Kuantan Tengah.

“Benar! kami Pemuda di desa ini telah mulai latihan tiga kali dalam satu minggu , jelang Agustus nanti, kami optimis juara di Tepian Narosa Teluk Kuantan. ujar Rusdi sebagai ketua Jalur, Jum’at 23 Juni 2023 sore WIB.

Selain itu Rusdi mengatakan, “antusias pemuda sangat tinggi untuk latihan, ‘candu takamban’, “katanya dengan membawa bahasa daerah dengan artinya, rindu yang terpendam terhadap pacu jalur.

Jalur atau perahu yang berukuran panjang itu diberi nama ‘Lancang Kuning Jelajah Kuantan’, yang sebelumnya dikenal Montiko Limbek Putie, adapun yang dimaksud Lancang Kuning disini adalah Perahu kebesaran kerajaan, sedangkan ‘Jelajah Kuantan’ adalah Sang penakluk Sungai Batang Kuantan dari Hulu sampai ke Hilir. Makanya namanya digabungkan menjadi, LANCANG KUNING JELAJAH KUANTAN.

Laporan : Hendra Geboy