Haul 1 Tahun Kerajaan Air Tiris, 35 Raja Nusantara dan Luar Negeri Konfirmasi Kehadiran

PEKANBARU – Bertempat di Balai Roong Seri Komplek Istana Darul Rahmad diRadja Airtiris Melayu Kampar Pondok Patin H.M Yunus Jl. KH. Nasution, hari ini (14/11/22) ba’da zuhur dilaksanakan Gladi Bersih jelang Haul 1 tahun DiRaja Air Tiris Melayu Kampar.

Dalam acara Gladi bersih tersebut juga digelar Penobatan Mufti DiRaja Airtiris Melayu Kampar yang diiringi dengan Sholawat Nabi serta Sumpah dan Janji dihadapan Paduka Yang Mulia SB H.M Yunus Abdullah Rahmad Syah Al Haj.

Selanjutnya juga dilaksanakan Penobatan dan tepung tawar para Panglima Kerajaan Air Tiris diantaranya, Datuk Lima Puluh, Batin Tenayan, dan sejumlah Panglimo yang terdiri dari anak jati Melayu Riau.

Baca : Legenda Asal Mula Nama Air Tiris

Diantaranya, Panglima Gerakan Anak Melayu (GAM) Riau Dt. Syamsul Bahri, Panglimo Tinggi Melayu Riau (PMR) Dt. Afrizal Anjo, Sekjen Angkatan Muda Sriwijaya (AMSRI), Dt. Asman Selaku Panglimo Pagar Negeri Bumi Riau (PNBR) dan beberapa Datuk dari Pemuda Melayu Nusantara (PMN) dan lainnya.

Dalam keterangan persnya Raja Kerajaan Air Tiris mengatakan, ” acara ini adalah acara ulang tahun Kerajaan Air Tiris Kampar Riau yang baru bangkit dua tahun belakangan, jadi kita buatlah ulang tahunnya yang pertama, ” ungkap Paduka Yang Mulia SB H.M Yunus.

” Alhamdulillah, berkat do’a masyarakat Riau khususnya masyarakat Kampar Air Tiris membuatnya membuming dikenal. Saat ini Raja Kerajaan Nusantara bahkan Dunia telah konfirmasi datang sebanyak 35 orang, ” ungkap Raja Kerajaan Air Tiris tersebut.

Foto : Gladi Bersih Tepuk Tepung Tawar Jelang Haul 1 Tahun Kerajaan Air Tiris.

Baca : HM Yunus Datuk Sutan Batuah dan Perangkat Dibaiat Pewaris Raja Aceh Darussalam

Paduka Yang Mulia SB H.M Yunus juga mengucapkan terima kasih kepada panitia beserta anak kemenakan terkait persiapan penyambutan tamu yang datang baik Nasional maupun Internasional, dan pelaksanaan Gladi Bersih yang berjalan lancar.

” InsyaAllah acara jni akan kita adakan setiap tahunnya, mengingat para Datuk Datuk Kenegerian Air Tiris meminta Pelaksanaan Haul kedepannya dilaksanakan diadakan di Mesjid Jamik Air Tiris, ” ungkapnya.

Lebih lanjut dalam keterangannya Raja Kerajaan Air Tiris juga sudah mempersiapkan Istana Hinggap untuk pelaksanaan Haul kedepan, dengan mempertimbangkan beberapa aspek diantaranya masa Pandemi Covid 19 yang masih belum berakhir, karena akan dihadiri oleh perwakilan 10 Negara.

Baca : HM Yunus Abdullah Rahmadsyah Alhaj: Radja Air Tiris Melayu Kampar Terus Berupaya Lestarikan Serta Restorasi Adat dan Budaya

Foto : Bersama Para Panglimo dan Bathin Kerajaan Air Tiris

Paduka Yang Mulia SB H.M Yunus juga menambahkan, ” Berdirinya Kerajaan Air Tiris ini seperti membangkitkan Batang Terendam, bagaimanapun Kampar itu (Muara Takus) adalah Melayu pertama yang lahir kemudian menyebar kepenjuru dunia. “

” Bermulanya Kerajaan Nusantara ini adalah dari Kampar, bahkan sejarah dari Manuskrip yang Paduka dapatkan bahwa Kerajaan dari Philipines, Thailand, Johor, Malaka itu berasal dari tokoh – tokoh Kampar, ” ungkapnya.

Diakhir keterangannya Paduka Yang Mulia SB H.M Yunus Abdullah Rahmad Syah Al Haj juga mengatakan bahwa Raja yang lahir sekarang ini bukanlah sebagai penguasa, melainkan lebih kepada adat, adab, dan ahlaq, serta berpesan agar memupuk dan menjaga persatuan dalam bingkai NKRI.

Mengenai sejumlah pertanyaan terkait sejarah Kerajaan Air Tiris yang berdasarkan penelusuran kami berdiri ditahun 1505, Datuk Azhari selaku Juru Bicara Kerajaan menyatakan bahwa besok (15/11/22) sejarahnya akan disampaikan langsung oleh Panglima Besar DR. Ali Azmi MA.