Sebelum Polisi ke TKP, Pelaku PETI Kabur Terbirit-birit

Teras Riau Singingi Hilir-Penertiban Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Wilayah Hukum Polisi Sektor Singingi Hilir dan pemasangan spanduk larangan Aktivitas PETI di aliran Sungai desa Koto Baru, Kamis, (8/9/2022) WIB.

Menurut pemuda setempat,”Sebelum Polisi ke tempat Aktivitas PETI, seperti para pelaku telah kabur Lari Terbirit-birit ke semak belukar, namun mengingat jalan tikus begitu sempit, pemburuan dihentikan oleh Kepolisian,”kata Rapi Sarsi Pemuda setempat yang juga Insan Pers di Wilayah Hukum Polsek Singingi Hilir.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Singingi Hilir AKP AGUS SUSANTO, S.H,. M.H, bersama dengan Kanit Samapta, Iptu Hasnor, Kanit Binmas Ipda Haris Suparman, Ka SPK 1 Polsek Singhil , Aipda Satria Adinata, Kanit Reskrim Aipda Beni Perwira Putra, Unit Reskrim Bripka, A. Sitinjak dan Brigadir Hendrik sebagai unit Reskrim Polsek Singhil, Polres Kuansing.

Pihak Kepolisian mendapatkan Informasi dari masyarakat, tentang adanya aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin ( PETI ) di Aliran Sungai Singingi Desa Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing yang telah meresahkan masyarakat dan merusak Lingkungan.

Kapolsek Singingi Hilir AKP AGUS SUSANTO, S.H,. M.H beserta Personil Polsek Singingi Hilir melakukan Pengecekan ke Lokasi Penambang Emas Tanpa Izin tersebut,”Ya, kami hari ini turun ke lokasi PETI di Aliran Sungai desa Koto Baru, ditemukan adanya aktivitas PETI dan dilakukan penindakan dengan cara dirusak dan dibakar agar tidak dapat digunakan lagi, kemudian, dilakukan Pemasangan Spanduk “Larangan Aktivitas kembali,”tulis AKP Agus Susanto SH MH dalam keterangan tertulisnya kepada CENTRO, Kamis, 8 September 2022.

Kepolisian Sektor Singingi Hilir tidak menemukan pekerja di TKP, karena diduga telah kabur Lari Terbirit-birit ke semak-semak.
Namun, 1 (Satu) Unit Mesin Robin dan 1 (Satu) Buah Dulang diamankan pihak kepolisian sektor Singingi Hilir.

Kepala Kepolisian Resort Kuansing, AKBP. Rendra Oktha Dinata, S.I.K. M.Si membenarkan giat tersebut,”Penertiban PETI oleh Kepolisian Sektor Singingi Hilir usai Pukul 15.00 WIB, dan Situasi dalam keadaan aman kondusif,” tutup Rendra Oktha Dinata kepada CENTRO Riau. (Krt)