oleh

UNRI,“One Alumni Coffee” Wadah Kewirausahaan Mahasiswa

Teras RIAU Pekanbaru -unrinews. Bagi pecinta kopi, “One Alumni Coffee” bisa menjadi tempat alternatif untuk suguhan minuman yang memiliki citra tersendiri dalam menikmatinya, terutama bagi sivitas akademika Universitas Riau (UNRI) yang tengah berada di Kampus UNRI. Bangunan kafe menggunakan desain kekinian serta juga menjaga suasana lingkungan asri, taman, dan pepohonan hijau yang dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi kafe ini.
.
Rabu (3/11/2021), Rektor UNRI Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA membuka secara resmi “One Alumni Coffee” yang didirikan di kawasan kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNRI. Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor UNRI disaksikan oleh Ketua Senat, Dekan, Ketua Ikatan keluarga Alumni (IKA) UNRI Wan Muhammad Hasyim, dan tamu undangan lainnya.
.
Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Keluarga Besar Alumni UNRI, sehingga “One Alumni Coffee” yang di gagas oleh Ketua IKA UNRI Wan Muhammad Hasyim SE Ak dapat terlaksana dan dirasakan manfaatnya oleh Sivitas Akademika. “Terima kasih kepada para alumni yang telah memberikan sumbangsih terhadap almamater.”
.
“Ini adalah hibah, wakaf produktif, ini juga sudah sesuai. Mudah-mudahan ini jadi amal jariyah tentunya. Semoga dalam pengelolaan sesuai dengan yang diharapkan dan mendapat Ridho dari Allah,” ungkap Rektor.
.
Lebih lanjut, Rektor menyampaikan kendati namanya ada embel-embel “alumni”, tapi kedai kopi berkonsep murni ini tidak hanya sebatas untuk alumni, tapi untuk para penikmati kopi, bahkan untuk masyarakat umum.
.
“Berdirinya kafe ini tentu bermanfaat untuk berbagai kegiatan UNRI terutama untuk tempat mengembangkan soft skill anak didik (mahasiswa) dan juga tersedia tempat mangang bagi mahasiswa dalam hal ini untuk mengembangkan jati diri dalam berwirausaha,” jelas Rektor.
.
“Selain untuk penikmat kopi, kafe ini juga dapat dijadikan tempat berkumpul bagi para alumni untuk membahas perkembangan kemajuan UNRI mendatang. Kita manfaatkan kafe ini untuk berbagai kegiatan, bisa menjadi tempat mencari inspirasi, membincangkan berbagai hal yang bertujuan untuk kemajuan, dan kegiatan bermanfaat lainnya,” ujar Rektor.
.
“Berdirinya kafe ini tentu bermanfaat untuk berbagai kegiatan UNRI terutama untuk tempat mengembangkan soft skill anak didik (mahasiswa) dan juga tersedia tempat magang bagi mahasiswa dalam hal ini untuk mengembangkan jati diri dalam berwirausaha,” jelas Rektor.
.
Pada kesempatan itu, Dekan FEB Prof Dr Sri Indarti SE MSi saat menyampaikan sambutannya, menyebutkan selaku pimpinan fakultas sangat mengapresiasi peran-peran dari alumni terhadap fakultas maupun universitas. “Seperti yang telah disampaikan Ketua IKA UNRI, kafe ini dapat dijadikan tempat berkumpul ajang silaturrahmi para alumni yang berkunjung ke kampus UNRI, dan yang lebih membanggakan lagi kafe ini dapat menjadi tempat magang untuk mengasah jiwa kewirausahaan bagi para mahasiswa.”
.
Pada kesempatan itu, Wan Muhammad Hasyim SE Ak selaku Ketua Alumni UNRI, menyampaikan semoga hal ini dapat menjadi pilot project (proyek percontohan-red), melalui cara ini kemungkinan ada alumni UNRI yang tertarik bergerak untuk meningkatkan kemajuan kampus ini, apalagi UNRI memiliki banyak alumni yang hebat-hebat. Saya kira ada alumni yang tergerak untuk ikut mengembangkan UNRI.”
.
“Selaku Ketua IKA UNRI, Saya siap untuk bersinergi memajukan UNRI, kalau ada yang punya dana dan mau bareng-bareng majukan kampus khususnya alumni fakultas lainnya yang mau turut mengembangkan kampus,” jelas pria yang disapa Suhu Wan ini saat sambutan.
.
“Kalau ada hibah bangunan, biasanya hibah bangunannya saja, tapi ini tak hanya bangunan tapi bisnisnya juga. Karena laba bersih operasionalnya nanti akan dihibahkan untuk pengembangan ekonomi kreatif UNRI,” jelas Wan.
.
Suhu Wan berharap, “One Alumni Coffee” ini dapat menjadi inkubasi bisnis bagi mahasiswa, mahasiswa diharapkan bisa magang maupun jadi tempat memajang produk hasil kreatifitas para mahasiswa serta tempat melatih untuk meningkatkan jati diri mahasiswa menjadi wirausaha.
.
“Mudah-mudahan ini menjadi pilot project. Di UNRI juga banyak alumni hebat, saya berharap ini menjadi percontohan yang akan bergulir ke fakultas lain yang ada di UNRI, Dalam hal ini saya mengajak teman-teman alumni lain untuk bersinergi untuk kemajuan kewirausahaan UNRI khususnya,” tutupnya. (KRT) ***

Baca Juga :  Diduga Rugikan Negara, PJI-Demokrasi Laporkan Busrianto Mantan Kades Ke Kejati Riau.

Komentar

Berita Lainnya