oleh

Tips Menjaga Kesehatan Selama Idul Adha di Tengah Covid-19

-Artikel-29 views

Perayaan Idul Adha tahun ini juga berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pandemi COVID-19 (Corona) membuat kita perlu lebih waspada, dan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat daripada biasanya.

Beberapa tips menjaga kesehatan di hari Idul Adha di tengah pandemi COVID-19 yang juga harus kamu perhatikan. Seperti berikut ini:

Loading...

Kegiatan kurban disesuaikan dengan new normal 

Demi mencegah penyebaran COVID-19, langkah-langkah pencegahan dari penjualan dan penyembelihan hewan kurban perlu diperhatikan. Dalam penjualan hewan kurban perlu memenuhi syarat.

Seperti menjaga jarak fisik, penerapan kebersihan personal, dan kebersihan tempat, tidak lupa pemeriksaan kesehatan. Selain itu, penjualan hewan kurban juga harus pakai APD.

Baca Juga :  Cara Membantu Anak dalam Menjalani Pengobatan Penyalahgunaan Narkoba

Untuk proses penyembelihan, yang biasanya dilakukan oleh banyak orang, pada tahun ini, hanya dilakukan oleh panitia saja, untuk menghindari kerumunan. Begitu juga pembagian daging.

Hindari jabat tangan

Salah satu kegiatan yang juga dilakukan di hari Idul Adha adalah tradisi salaman atau jabat tangan. Namun, untuk sementara ini, hindari hal tersebut.

Membawa perlengkapan salat pribadi

Saat ini, masjid sudah kembali dibuka, dan bisa dipergunakan untuk keperluan salat Idul Adha. Namun, tentu dengan penerapan protokol kesehatan. Pihak masjid mungkin tidak akan menyediakan perlengkapan salat, untuk itu jangan lupa untuk membawa perlengkapan salat pribadi.

Jangan lupa juga untuk mengenakan masker atau face mask. Dan sebaiknya kamu mengambil wudhu di rumah.

Baca Juga :  Cai Changpan, Buronan Kasus Narkotika Ditemukan Gantung Diri

Mandi dan cuci tangan

Setelah kamu menyelenggarakan salat Idul Adha, segeralah mandi atau mencuci tangan dengan sabun dan air selama 30 detik sebelum kamu melakukan kontak dengan keluarga.

Hindari merokok dan meludah di tempat penyembelihan

Bagi kamu yang mungkin menjadi panitia penyembelihan, hindari untuk merokok dan meludah sembarangan di tempat penyembelihan.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan di Hari Idul Adha agar kamu bisa menjalankan ibadah Idul Adha dengan khidmat dan kesehatan tetap terjaga.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar menjaga kesehatan selama Idul Adha? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi.

Bergabunglah bersama kami untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dengan saluran media sosial kami. Ikuti kabar dari kami di :

Info & Konsultasi (Gratis)
+62 813 1824 3867
+62 811 884 7454

Komentar

Berita Lainnya