oleh

Dosen PIAUD UIR Taja PKM : Keteladanan Rasulullah SAW Dalam Keluarga

-Opini-10 views

Terasriau.com — Dewasa ini pendidikan Islam mengalami permasalahan besar, yakni tujuan pembentukam kepribadian muslim belum tercapai secara optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah minimnya pelaksanaan pendidikan Islam dalam keluarga, terutama dalam menampilkan teladan yang baik dari orang tua terhadap anak-anaknya. Pada  akhirmya  keluarga  muslim saat ini kehilangan gambaran ideal dari proses pendidikan di rumah.

Peran orang tua sebagai pendidik utama dalam mengarahkan anak melakukan proses sosial pertama di  lingkungan  keluarga  hilang  tergerus dengan perkembangan  zaman. Dengan  berbagai alasan  kesibukan  orang  tua tidak selalu mendampingi perkembangan anak. Apalagi memberikan pendidikan khusus dengan memberikan teladan baik kepada  anak-anaknya secara intens. Ayah dan ibunya hanya terfokus pada pemenuhan kebutuhan materi dan menyerahkan proses pendidikan kepada orang lain. Seperti dengan menyekolahkan di sekolah elit, mencukupkan  memberikan  les privat, dan memberikan kebebasan dalam menggunakan sarana berupa alat teknologi dan komunikasi tanpa pengawasan. Adanya pembinaan dan pengarahan orang tua di dalam rumah hanya sebatas perintah dan  larangan. Tidak diiringi dengan memberikan contoh kesolehan dalam  mengamalkan kebaikan yang diajarkan kepada anak.

Pendidikan  di  dalam  keluarga  pada  hakikatnya  merupakan  proses pendidikan sepanjang hayat. Pembinaan dan pengembangan kepribadian penguasaan  dasar-dasar  tsaqofah  Islam  dilakukan  melalui  pengalaman  hidup sehari-hari dan dipengaruhi oleh sumber belajar yang ada di keluarga terutama orang  tua. Oleh  karena  itu  upaya  mengoptimalkan  pelaksanaan  pendidikan  dalam  keluarga  meruapakan  bagian penting dari  kesuksesan  terwujudnya kepribadian Islam. Dalam  Islam  meyakini  bahwa  sesungguhnya  sunnah  Rasulullah  SAW merupakan hakim bagi  setiap sesuatu. sehingga suatu keharusan bahkan keniscayaan bagi manusia untuk menjadikan Rasulullah sebagai teladan  dalam  hidupnya.  Megikuti  sesuatu  yang dibawa Nabi merupakan bukti kecintaan kepada AllahSWT.

Baca Juga :  OPTIMIZATION OF THE HUMAN RESOURCES ROLE TO MAKE INDONESIA A WORLD HALAL INDUSTRY CENTER

Kegiatan PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) ini berbentuk penyuluhan yang berlangsung selama satu hari bertempat di Masjid Raya Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar. Kegiatan PKM ini bertema “KETELADANAN RASULULLAH SAW DALAM KELUARGA”.

Penyuluhan ini di isi dengan materi yang disampaikan oleh tim dosen, antara lain Ary Antony Putra, MA memberikan uraian terkait Rasulullah SAW Sebagai Pendidik Ideal, Ida Windi Wahyuni, M.Si memberikan uraian terkait Konsep Rasulullah SAW Dalam Mendidik Anak, Alucyana, M.PSi. Psikolog memberikan uraian terkait Tahapan-Tahapan Rasulullah SAW dalam Mendidik Anak dan tim dari mahasiswa yang berjumlah dua orang bertugas memberikan praktek penyuluhan..

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mendapat dukungan dan partisipasi yang baik dari ibu-ibu  rumah tangga kelurahan Sungai Pagar sehingga kegiatan berjalan lancar dan para ibu mendapat tambahan ilmu terkait pendidikan anak dalam keluarga menurut kebiasaan Rasulullah SAW, tutup Ary Antony pura.

Baca Juga :  Pemindahan Ibukota Negara, Perlukah?

Komentar

Berita Lainnya