oleh

Wagub Berharap Nelayan Kepri Semakin Dongkrak Pendapatan

Bintan, Terasriau.com – Wakil Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto membuka kegiatan Dialog Pembangunan Desa yang diselenggarakan oleh KNTI (Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia), di gedung pertemuan kantor Camat Gunung Kijang, Kelurahan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Senin (8/4/2019).

Dialog Pembangunan Desa ini mengedepankan tema ‘membangun Desa pesisir di Bintan melalui pemberdayaan masyarakat nelayan demi terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Loading...

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Kepri mengatakan jika Pemprov Kepri selalu menyambut baik dengan adanya kegiatan-kegiatan yang bisa memacu peningkatan perekonomian seperti ini. Apalagi kali ini berkaitan dengan kehidupan masyarakat nelayan.

Menurut Isdianto, Kepri yang wilayah lautnya lebih luas dibanding daratan. Atau berbanding 96 : 4 persen. Maka sudah seharusnya pemberdayaan sektor kelautan harus semakin baik dari waktu ke waktu.

Baca Juga :  Diduga PT MRI Keruk Bauksit di Kampung Bengku Tanpa Ijin

“Kita harap melalui forum ini akan banyak masukan-masukan yang bisa mendongkrak pendapatan masyarakat nelayan di Gunung Kijang. Terus terang sejauh ini kita ini masih menjadi nelayan tradisional. Sementara setiap hari ikan di laut semakin berkurang. Ditambah lagi tidak hanya nelayan lokal saja yang beroperasi di laut Kepri, tapi banyak nelayan asing,” kata Isdianto.

Untuk itulah, melalui forum ini Isdianto berharap para nelayan di Kepri semakin mapan dalam melakukan penangkapan ikan di laut. Yakni mapan dalam segi sumber daya manusianya serta mapan dari segi peralatan.

Lembaga-lembaga terkait juga diminta untuk terus memberikan dukungan tethadap aktivitas nelayan. Baik dukungan berupa penyuluhan, pelatihan ataupun yang lainnya.

Baca Juga :  Bupati Bintan Serahkan Operasional RT/RW Triwulan

“Yang terpenting, kawan-kawan nelayan harus tetap punya semangat dan optimis. Jangan pernah mengeluh atas keadaan, karena masih banyak orang yang lebih susah. Kita harus terus berjuang untuk menjadi lebih baik. Namun kita juga tetap harus mensyukuri apa yang dimiliki,” ujarnya.(*/r).

laporan/editor : indra helmi

Komentar

Berita Lainnya