oleh

H Darizal Basir Empat Pilar MPR RI”Menjadi Titik Tolak Perkambangan Bangsa Indonesia”

Painan, Terasriau.com — Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, 4 pilar dikenal menjadi titik tolak dan perkembangan bangsa Indonesia.dan itu dicapai oleh para wakil bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan mengumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan dilanjutkan dengan pengesahan UUD 1945 sebagai dasar negara.

Pada hakikatnya, ideologi suatu bangsa memiliki ciri khas serta karakteristik masing–masing sesuai dengan sifat dan ciri khas bangsa itu sendiri.

Hal itu dikemukakan H.Darizal Basir, Anggota Komisi I DPR RI saat menggelar Rapat Dengar Pendapat 4 Pilar MPR RI di Nagari Salido, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan.jumat (1/2)

Kegiatan yang diikuti sebanyak 200 peserta dari berbagai elemen masyarakat itu juga dihadiri Tenaga Ahli DPR RI, Doni Harsiva Yandra, tokoh masyarakat, Afrinal Tanjung dan undangan lainnya.

Lebih lanjut Darizal mengatakan, pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar harus selalu ditumbuhkembangkan dalam mewujudkan cita-cita masa depan Indonesia yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera, adil, makmur serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat.

Menurutnya, sebagai rakyat Indonesia, masyarakat tidak boleh lupa, bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa Indonesia.

Sebagai dasar negara, Pancasila sangat menjunjung kebersamaan musyawarah untuk mufakat agar lebih dikedepankan lagi sebagai upaya meminimalkan terjadinya gesekan dan konflik, sebutnya

“Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus selalu ditumbuhkembangkan kepada seluruh elemen bangsa dalam mewujudkan cita-cita masa depan Indonesia yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera, adil, makmur serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat,” ucapnya.

Sementara tokoh masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan, Afrinal Tanjung menilai, pemahaman tentang 4 Pilar MPR RI sangat penting bagi seluruh elemen masyarakat.

Kemudian menurutnya, pemahaman tentang 4 Pilar MPR RI mesti dikembangkan dan diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada H.Darizal Basir yang telah menggelar Rapat Dengar Pendapat 4 Pilar MPR RI kepada berbagai elemen masyarakat. Kegiatan itu sangat bermanfaat, dan akan diaplikasikan dengan  baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya. (DT)

Komentar

Berita Lainnya