oleh

Ultah ke 56, Momentum Jadikan FH UIR Jadi Fakultas Unggulan di Asia Tenggara 2020

PEKANBARU, terasriau.com – Pada hari ini, Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Riau (UIR) merayakan hari jadinya yang ke-56. Dalam rentang waktu yang telah cukup panjang tersebut, FH UIR mencanangkan diri untuk menjadi fakultas hukum unggulan dan terbaik di Asia Tenggara pada tahun 2020 mendatang.

Demi mencapai target tersebut, segala upaya terus dibenahi oleh pihak fakultas dan juga rektorat yang berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau ini. Tak sekadar lingkungan kampus yang asri dan hijau dengan berbagai sarana prasarana penunjang, kualitas tenaga pengajar (dosen) pun menjadi sasaran yang mendapat perhatian lebih.

“Sesuai dengan visi dan misi UIR untuk menjadi universitas unggulan, FH UIR pun mencanangkan misi serupa. Dan momentum ulang tahun, menjadi awal yang pas untuk mencapai impian tersebut. Tak hanya bicara di Pulau Sumatera dan Indonesia, FH UIR bertekad menjadi unggulan di regional Asia Tenggara,” kata Dekan FH UIR, Dr Admiral, SH, MH.

Kepada terasriau.com, Doktor Admiral mengakui, untuk mencapai target tersebut, tentu bukan sebuah hal yang mudah. Akan tetapi, jika semua pihak mau bersama-sama mewujudkan misi suci itu, menurutnya tidak ada yang tidak mungkin dilakukan.

Salah satu cara yang dilakukan FH UIR untuk mencapai target tersebut adalah dengan menyematkan harapan dan permintaan kepada para alumni FH UIR dimanapun berada dan dimanapun mendermabaktikan ilmu yang didapat selama menjadi mahasiswa FH UIR dengan sebaik-baiknya.

Dengan menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagaimana yang dibebankan kepada masing-masing individu, berarti para alumnus FH UIR telah turut membantu almamater untuk mewujudkan misi yang hendak dicapai tersebut.

Sebagai lembaga pendidikan yang memproduksi para ahli-ahli hukum, Dr Admiral memesankan kepada para alumnus untuk benar-benar bias memberikan kepastian, keadilan dan kemanfaatan hukum sebagaimana seharusnya dilaksanakan oleh seorang praktisi di dunia hukum dan juga peradilan.

Hukum menurutnya harus menjadi sebuah dimensi yang harus ditegakkan dan dijalankan oleh semua pihak. Tak hanya bagi masyarakat luas, namun yang terpenting harus pula diberikan dan dilaksanakan para ahli-ahli hukum yang ada.

FH UIR kata Dr Admiral, akan terus berupaya mengawasi pelaksanaan hukum yang berkeadilan dan berkualitas melalui alumnus-alumnusnya.

Kepada para mahasiswa hukum yang masih menuntut ilmu di FH UIR, baik di level pendidikan S 1 maupun pasca, diharapkan bisa mencontoh para senior mereka yang saat ini telah malang melintang di dunia peradilan baik di Provinsi Riau maupun Indonesia.

Melalui terasriua.com, Dr Admiral berharap visi dan misi FH UIR bias tersosialisasikan secara baik dan terus menerus. Karena menurutnya, mass media memiliki peran yang cukup vital bagi keberlangsungan penegakan hukum yang lebih baik kedepannya.

terasriau.com harus bisa menjadi media terdepan dalam penegakan supremasi hukum di Provinsi Riau dan juga Indonesia. Karenanya, kami pun berharap kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan di FH UIR pun bisa disosialisasikan ke seluruh pelosok nusantara,” ucapnya.

Harapan yang diutarakan oleh Dr Admiral SH MH tersebut, disambut baik oleh Dr Yudi Krismen SH MH. Sebagai seorang dosen yang lahir dari rahim FH UIR, misi menjadikan FH UIR sebagai sebuah fakultas unggulan di Asia Tenggara harus menjadi misi bersama.

“Sebagai alumnus, tentu saya menyambut baik keinginan tersebut. Karena FH UIR sekarang, harus menjadi kawah candra dimuka bagi calon praktisi hukum terbaik di Indonesia. Untuk itu, saya juga turut mengimbau seluruh alumnus FH UIR untuk bersama-sama mewujudkannya, “ kata Dr Yudi Krismen serius. (*/ted)

Komentar

Berita Lainnya