oleh

Polres Kuansing Gelar FGD Bagi Tomas, Toda & Bhabinkamtibmas

KUANSING, terasriau.com – Bertempat di aula Satlantas Polres Kuansing, pada Kamis (26/4) mulai pukul 10.30 s/d 12.00 WIB digelar Rapat Forum Grup Discussion (FGD) yang melibatkan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan jajaran Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Kuantan Singingi.

FGD membahas tentang sosialisasi pencegahan pemberantasan  penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dan miras oplosan. Kegiatan itu dihadiri sekitar 60 orang.

Kasat Binmas Polres Kuansing, AKP EFRION dihadapan peserta diskusi berharap kegiatan yang dilaksanakan bisa memberikan pengetahuan kepada peserta terkait tindak pencegahan penyalahgunaan narkoba di wilayah itu.

“Ambil hikmah dan pelajaran dari kegiatan ini. Kami berharap, kegiatan ini memberikan banyak masukan terkait hal tersebut di atas,” ujarnya.

Pada FGD kali ini, hadir sebagai narasumber Kasat Resnarkoba Polres Kuantan Singingi, AKP Adi Pranyoto dengan materi paparan terkait dasar UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Adi membeberkan sejumlah hal terkait pencegahan dan pemberantasan narkoba baik secara preventif maupun represif yang telah dilakukan Polres Kuansing.

Selanjutnya menyangkut upaya penegakkan hukum yang sudah dilakukan terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Kuansing dan peredaran miras pabrikan, tradisonal dan oplosan.

Selain itu, dipaparkan pula strategi pencegahan dan pemberantasan narkoba serta miras, implementasi P4GN yang sudah dilaksanakan oleh Sat Resnarkoba di Kabupaten Kuansing.

“Ada sejumlah sasaran atau titik yang perlu diwaspadai terkait peredaran narkoba dan miras oplosan itu. Diantaranya toko distributor barang harian dan rokok, warung atau café, tempat permainan anak, warnet dan biliar,” jelasnya.

Khusus bagi personil bintara Pembina keamanan dan ketertiban masyarakat, ditekankan tiga hal utama yaitu tetap menjaga kerja sama dengan Tomas, Toda, Toga dalam hal mencegah terjadinya penyakit masyarakat.

Bhabinkamtibmas sebagai perpanjangan langsung tugas polisi di tengah masyarakat diimbau untuk tidak melindungi, membekingi atau terlibat langsung dalam peredaran gelap narkoba dan miras. Dan yang paling utama, Bhabinkamtibmas harus berperan aktif dalam hal menjaga Kamtibmas bersama masyarakat. (nton)

 

Komentar

Berita Lainnya