oleh

Peringati May Day, Pemkab Pelalawan Gelar Dialog Kebangsaan

KERINCI, terasriau.com – May Day atau hari buruh yang diperingati setiap 1 Mei, merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap kaum buruh. Melalui peringatakan tersebut, diharapkan semua pihak memiliki kepedulian yang tinggi terhadap para pekerja.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan, tahun ini juga mneggelar perayaan hari buruh tersebut. Bertempat di gedung daerah Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Pemkab Pelalawan mengadakan Dialog Kebangsaan.

Dialog Kebangsaan yang dilaksanakan Kamis (26/4), dibuka oleh Asisten II Setdakab Pelalawan yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pelalawan, H Atmonadi MM.

Sejumlah narasumber dihadirkan untuk memaparkan situasi ketenagakerjaaan dan Kamtibmas di Pelalawan. Diantaranya Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, Kasat Intel AKP Ahmad Z. Rofiqi, perwakilan dari Disnaker Iskandar SH, perwakilan Apindo Firdaus Bustami, dan perwakilan serikat buruh dan pekerja Kabupaten Pelalawan Asli Sinaga.

Dalam sambutannya, Atmonadi mengatakan, May Day merupakan perwujudan dari rangkaian pelaksanaan Keppres No 24 Tahun 2013 yang menetapkan tanggal 1 Mei sebagai hari libur nasional. Untuk tahun 2018, Mayday kali ini bertema “May Day Is A Fun Day dan Peringatan May Day Demi Kemajuan Bangsa”.

“Sesuai dengan tema, “May Day is a Fun Day”, maka kita perlu mengadakan kegiatan-kegiatan produktif yang dapat menciptakan kegembiraan atau “Fun” diantara pekerja/buruh dengan menciptakan suasana kekeluargaan sebagaimana kita memperingati hari-hari besar lainnya,” terang Atmonadi.

Untuk menciptakan hal tersebut, Atmonadi mengingatkan kembali peran masing-masing pihak sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2013 tentang ketenagakerjaan, di mana pemerintah melaksanakan fungsi menetapkan kebijakan, memberikan pelayanan, melaksanakan pengawasan dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan.

Demikian juga halnya dengan pengusaha dan organisasi pengusaha mempunyai fungsi menciptakan kemitraan, mengembangkan usaha, memperluas lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi pekerja/buruh secara terbuka, demokratis dan berkeadilan.

“Kita menyadari masih banyak terjadi pelanggaran terhadap peraturan perundangan ketenagakerjaan, sehingga menganggu jalannya hubungan industrial baik nasional maupun di Daerah.  Namun demikian pihak pemerintah terus berupaya

untuk melakukan pengawasan dan melakukan penindakan terhadap perusahaan/pengusaha yang melanggar peraturan tersebut”, ungkap Plt Disnaker Kabupaten Pelalawan.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan dalam sambutannya mengapresiasi Dialog Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Buruh International.

“May  Day sejalan dengan program kepolisian yang saat ini gencar dilakukan yaitu Deklarasi Anti Hoax, Hate Speech dan Isu SARA,” katanya.

Kaswandi mengaku sangat mengapresiasi dialog kebangsaan yang dilakukan. Dia pun mengimbau agar May Day diisi dengan hal-hal positif agar masyarakat dapat melihat wujud kepedulian serikat pekerja atau buruh. (ton)

Komentar

Berita Lainnya