oleh

Baru 35 % Desa di Rohul Cairkan DD Tahap Satu

PASIRPANGARAIAN, terasriau.com – Sebanyak 49 dari 139 desa atau 35 %, dari desa yang ada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) belum bisa mencairkan Dana Desa (DD) tahap satu‎ tahun anggaran 2018, meskipun dana tersebut telah cair.

Hal itu terjadi karena keterlambatan membuat RAB APBDesa 2018. Sampai berita ini dilansir, baru 90 desa yang sudah mencairkan DD tahap pertama tersebut.

“Sudah 90 desa yang mencairkan Dana Desa tahap satu. Tinggal 49 desa lagi yang belum pencairan, karena terkendala APBDes dan RKP. Hanya penyusunan RAB pembangunan fisik yang seharusnya didampingi pendamping desa di mana tenaganya terbatas, sehingga bergantian,” kata Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Rohul, Abdul Haris.

Menurut Haris, Dana Desa tahap dua sebesar 40 persen nanti diusulkan pencairannya telah bisa dilakukan awal Mei 2018. DD tahap satu nantinya untuk honorer perangkat desa, tahap dua 40 persen untuk fisik, kemudian tahap tiga 40 persen lagi juga untuk fisik.

Ditanya keterlambatan Alokasi Dana Desa (ADD) bersumber dari APBD Rohul 2018 yang belum juga dicairkan desa, Abdul Haris mengatakan ADD terlambat dicarikan hanya cuma tahapan penyaluran dari kas daerah yang belum ditetapkan, selanjutnya untuk disalurkan ke kas desa.

“Kendala Dana Desa bagi 49 desa yang belum dicairkan Dana Desa tahap satu karena adanya keterlambatan desa membuat RAB yang dilampirkan di APBDesa. Sebagian besar desa sudah memasukan, dan kita usulkan untuk pencairan dilakukan serentak,” ujarnya. (*/rtk)

Komentar

Berita Lainnya