oleh

Andi Rachman Janjikan Riau Pusat Seni Pertunjukan Pulau Sumatera

PEKANBARU, terasriau.com — Provinsi Riau yang berada tepat di tengah-tengah Pulau Sumatera merupakan lokasi yang pas sebagai tempat persinggahan sekaligus pengembangan kebudayaan. Berada di jalur hinterland tersebut, harus memberikan kontribusi bagi perkembangan seni dan budaya di Provinsi Riau.

“Salah satu caranya adalah terlebih dahulu menghadirkan organisasi perangkat daerah (OPD) yang membawahi seni dan budaya. Kalau ini telah ada, saya siap jadikan Provinsi Riau sebagai pusat pertunjukan seni dan budaya di Pulau Sumatera,” kata calon gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dihadapan pelaku seni dan budayawan Riau, Jumat (6/4).

Calon gubernur nomor urut 4 ini berharap, dengan menjadi pusat pertunjukan seni di Pulau Sumatera, maka perkembangan dunia seni di Bumi Lancang Kuning pun bisa menjadi lebih baik kedepannya.

Andi Rachman mengatakan, dia dan pasangannya Suyatno punya sebuah komitmen yang kuat untuk menjadikan dunia seni dan budaya sebagai destinasi wisata baru di Provinsi Riau.

Hal itu menurutnya tidaklah akan terlalu sulit, karena berbagai fasilitas untuk berkesenian dan ajang ajang budaya sudah tersedia di seantero Provinsi Riau.

“Insyaallah, saya berjanji untuk mewujudkan hal itu. Sebagai pusat seni pertunjukan seni se-Sumatera, tak hanya akan mendatangkan kebanggaan dan prestise bagi daerah. Tapi juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Dunia kreatifitas kata dia akan menjadi magnet sehingga mampu menarik orang datang. Untuk itu, Riau harus bertransformasi, jangan hanya mengandalkan migas, tapi juga memperkuat sendi budaya dan pariwisata.

Para seniman Riau yang hadir pada kegiatan itu yang antara lain terlihat Iwan Abbey, Beny Riau, Rhino Dezapati, Willy Fwi, Taufik dan sebagainya, menyambut baik keinginan Andi Rachman. Akan ettapi mereka berharap, janji tersebut benar-benar harus direalisasikan.

“Membentuk Dinas Kebudayaan merupakan sebuah langkah maju dalam mengembangkan kebudayaan di Riau. Kami pasti mengapresiasinya dengan tangan terbuka,” kata Rhino Dezapati serius.

Sementara rekannya Willy Fwi berharap, kegiatan berkesenian dan budaya tidak hanya terkonsentrasi di Pekanbaru. Namun juga harus digelar di daerah daerah sehingga perkembangan dunia seni dan budaya benar-benar menggeliat secara bersamaan. (*/rtk)

 

Komentar