Hujan Deras Ratusan Rumah Warga di 7 Desa Kecamatan Tambusai Terendam Air.

Hujan Deras Ratusan Rumah Warga di 7 Desa Kecamatan Tambusai Terendam Air.

Rokan Hulu – Hujan deras yang melanda Kabupaten Rokan Hulu sejak Sabtu (12/10) hingga Minggu (13/10/2024) Akibat intensitas curah hujan yang tinggi dalam dua hari terakhir menyebabkan meluapnya sungai Batang Sosa dan banjir yang menyebabkan ratusan rumah kebanjiran. Ketinggian banjir bervariasi hingga ada yang setinggi lutut orang dewasa di beberapa Desa di wilayah Kecamatan Tambusai.

Camat Tambusai Muammer Ghadafi S.Sos, ketika dikonfirmasi menyebutkan wilayah yang terdampak banjir itu yakni, Kelurahan Tambusai Tengah, Desa Sei Kumango, Batang Kumu, Talikumain, Lubuk, Soting, Rantau Panjang dan Batas.

Menurutnya “Curah hujan dengan intensitas tinggi sejak 3 hari lalu hingga meluapnya sungai batang sosah yang menyebabkan banjir melanda 7 Desa akibatnya warga yang terdampak banjir sekitar 456 KK dan sekitar 600 rumah warga terendam luapan air sungai

Ghadafi menyebutkan pihaknya bersama dinas sosial PPA, BPBD Rohul dan pihak Kepolisian serta TNI, dan pihak terkait lainnya terus turun memantau situasi banjir.

“Sikon terkini air banjir di pemukiman warga sudah surut, namun warga diminta berhati hati karena curah hujan susulan diperkirakan masih akan terjadi,” Katanya, Senin (14/10/2024) Sore

Sementara itu, bantuan bahan makanan mulai terkumpul dan segera disalurkan.
“Tercatat bantuan yang sudah disalurkan berupa beras dari Dinas Sosial 246 paket dan dari BPBD 100 paket,” Pungkasnya

Sumber : Rizal Putra Thamrin/Sungkono (SKN)*

Leave a Reply