oleh

47.688 Siswa SMA dan MA di Riau Ikuti UN Pagi Ini

PEKANBARU, terasriau.com – Dinas Pendidikan Provinsi Riau melansir, terhitung sebanyak 47.688 siswa SMA sederajat yang ada di daerah itu, hari ini, Senin (9/4) mengikuti Ujian Nasional (UN), baik sistem UN Berbasis Komputer (UNBK) maupun sistem UN Kertas dan Pensil (UNKP) selama 4 hari ke depan.

Dari jumlah tersebut di atas, sebanyak 19.178 siswa yang tersebar di sekolah kabupaten/kota, akan menjalani ujian dengan sistem UNKP dan sisanya sebanyak 28.610 siswa mengikuti ujian dengan sistem UNBK.

“Dari 431 SMA yang mengikuti UN di Riau, 183 SMA melaksanakan UNBK secara mandiri, 46 sekolah yang menumpang dan 202 sekolah yang melaksanakan UNKP. Sedangkan untuk MA ada 267 sekolah yang melaksanakan UN. Dari 267 sekolah tersebut ada 38 sekolah yang melaksanakan UNBK secara mandiri, 29 sekolah yang menumpang dan 210 sekolah yang melaksanakan UNKP,” rinci Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Indra Agus Lukman.

Indra berharap, pelaksanaan ujian bisa berjalan lancar seperti UN SMK yang telah selesai digelar sebelumnya. Dijelaskan pula, untuk tingkat SMA ada sekolah yang masih UN berbasis UNKP. Karena saat ini, baru 68 persen menggunakan sistem UNBK.

Pemprov Riau melalui Dinas Pendidikan terus berusaha agar seluruh sekolah yang berada di kabupaten/kota di seluruh Provinsi Riau bisa mengikuti UNBK.

“Jika saat ini persentasenya baru mencapai 68 persen, tahun depan ditargetkan semuanya telah UNBK,” kata Indra berharap.

Untuk pelaksanaan UNBK itu sendiri, Dinas Pendidikan Provinsi Riau kata Indra bekerjasama dengan PLN dan provider. Ini dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti jaringan yang lelet atau aliran listrik terputus.

“Sedikit saja ada gangguan, bisa mengganggu konsentrasi siswa yang mengikuti ujian,” katanya mengakhiri. (man)

 

Komentar

Berita Lainnya