Berlangsung Meriah dan Sukses, Kemendagri Puji Pelaksanan Pergelaran Pesona BTI oleh FPK Riau

Nasional26 Views

TERASRIAU, PEKANBARU – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ri memberikan apresiasi kepada Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau. Hal ini atas meriah dan suksesnya pelaksanaan Pergelaran Pesona Bhinneka Tunggal Ika (BTI) Tahun 2024 yang dilaksanakan di Pekanbaru Provinsi Riau. FPK Riau sebagai tuan rumah dinilai sangat sukses menggelar acara yang tahun-tahun sebelumnya diadakan di Jakarta.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang diwakili Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Togap Simangunsong dalam sambutannya mengatakan, Pergelaran Pesona BTI tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan di TMII Jakarta dan Provinsi Riau merupakan daerah pertama yang menjadi tuan rumah pergelaran Parade BTI.

“Melihat rangkaian acara Pegelaran Pesona Parade BTI kali ini, semua pasti menduga dilaksanakan oleh Event Organizer (EO) dari Jakarta. Namun ternyata tidak, saya siang tadi berbincang dengan panitia, acara malam ini dikelola sendiri secara mandiri oleh Pengurus FPK Provinsi Riau. Sangat luar biasa” ujar Togap Simangungsong dalam sambutannya saat Pergelaran Pesona BTI di Hotel Grand Central Pekanbaru, Sabtu malam (31/8/2024).

Togap lebih jauh menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Panitia Pelaksana, Pengurus FPK Riau dan Pemprov Riau atas dukungannya, sehingga acara Kemendagri sukses dilaksanakan di Provinsi Riau.

Togap juga memuji rangkaian acara Pergelaran Pesona Bhineka Tunggal Ika yang berlangsung sangat meriah. Dimulai dengan penampilan Tari Saman Aceh dan ditutup dengan Sajojo dari Papua.

Dalam kesempatan itu, Mendagri menagunegarahkan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota atas dukungannya dalam Pembagian 10 Juta Bendera tahun 2024. Kemendagri memberikan Penghargaan kepada 10 Provinsi yakni Provinsi Bali, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, NTB, Provinsi Riau, Papua Barat, Papua Barat Daya dan  Provinsi Papua Tengah.

Untuk kategori Pemerintah Kota, Penghargaan diberikan kepada Kota Bima (NTB) Kota Tual (Maluku), Kota Mobagu (Sulut), Lhokseumawe (Aceh) , Medan (Sumut), Pagaralam (Sumatera Selatan), Pekanbaru (Riau), Tidore Kepulauan (Maluku Utara) dan Yogyakarta (DIY).

Sementara untuk Kabupaten Penghargaan diberikan kepada Kabupaten Asahan (Sumut), Bone Bolango (Gorontalo), Bulungan (Kalimantan Utara), Gunung Kidul (DIY), Karimun (Kepri), Landak (Kalbar), Penajam Paser Utara (Kaltim) Purbalingga (Jateng), Semarang (Jateng)  dan Subang (Jabar).

Penghargaan diserahkan Dirjen Polpum Kenedagri RI, Togap Simangungsong dan diterima langsung Kepala Daerah yang bersangkutan atau perwakilan Pemerintah Daerah yang menerima penghargaan.

Acara malam itu dihadiri sekitar 600 orang udangan yang terdiri dari perwakilan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Forkompinda Provinsi Riau, Dewan Pembina dan Dewan Penasehat FPK Riau, Dewan Pengurus FPK Riau, Ketua-ketua Paguyuban yang tergabung alam FPK Riau, FPK Kabupaten/Kota se Riau serta undangan lainnya

Ketua Panitia Pelaksana, Peng Suyoto, menyampaikan terima kasihnya kepada Kemendagri atas kepercayaan yang diberikan kepada FPK Riau untuk menyelenggaran event besar yakni Pergelaran Pesona BTI yang dirangkai dengan pemberian pengharaan kepada Pemerintah Provinsi dan kabupaten kota

“Acara ini terselnggara atas dukungan semua pihak. Pemprov Riau, Polda Riau, Ketua-ketua Paguyuban para sponsor dan seluruh Pengurus FPK Provinsi Riau. “Acara ini dikelola secara mandiri oleh Pengurus FPK Riau. Semoga dengan momentum event ini semakin mempererat hubungan silahturahmi antar pengurus,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *