Arahan Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono SIK MH Sistem Cooling Bersama Tokoh Adat LAMR Dalam Rangka Sosialisasi Berlalulintas.

Arahan Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono SIK MH Sistem Cooling Bersama Tokoh Adat LAMR Dalam Rangka Sosialisasi Berlalulintas.

Rokan Hulu Terasriau com– Guna menciptakan Pilkada 2024 yang aman, damai, sejuk dan kondusif, Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Budi Setiyono SIK MH sosialisasi keselamatan Berlalulintas kepada Generasi Muda dan Cooling System Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohul, di Tempat Parkiran Polsek Rambah, Rabu (4/9/2024) sekitar pukul 09.00 Wib.

Hadir dalam Cooling System tersebut, Ketua LAMR Rohul melalui Sekretaris Tasmid, M Pd, Kasat Lantas AKP Tatit Rizkiyan Hanafi STK SIK, Kapolsek Rambah AKP Dedy Siswanto SH MH, Camat Rambah Zulfan Alwi, Camat Bangun Purba atau yang mewakili, para Kades se Rambah serta se Bangun Purba, Tim ISDC (Indonesian Safety Driving Centre), para Guru, Siswa/i tingkat SLTA, SLTP se Rambah dan lainnya.

Ketua LAMR Rohul melalui Sekretaris Tasmid M Pd, Dirinya bersyukur diajak Polres Rohul untuk bersama-sama membangun karakter anak-anak dalam berlalulintas.

“Saya mengingatkan kepada Generasi Muda, ingatlah selalu untuk menimba ilmu dan tidak melakukan balap liar yang dapat merugikan diri sendiri maupun pengguna kendaraan lain,” paparnya.

Dia memperhatikan keselamatan pada saat berkendara, tidak melakukan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun Pengendara lain seperti Balap Liar, aksi mengangkat kendaraan (Standing), serta tidak mematuhi peraturan berkendara lainnya.

“Setelah pelaksanaan kegiatan ini dimohonkan kepada anak-anak kami, mohon untuk tidak menggunakan Knalpot Brong yang sangat membuat kebisingan pengendara maupun pejalan Kaki lain, marilah kita bersama-sama menjaga ketertiban masyarakat dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat menggangu ketertiban dan Keamanan Masyarakat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH Dirinya ingin kepada Lembaga Adat untuk bersama-sama mengajak dan menghimbau kepada Generasi Muda mengarahkan kepada hal yang lebih baik serta dapat mencapai cita-cita yang diinginkan.

“Maksud dari kegiatan ini untuk memberikan teguran dan penindakan kepada Pelanggar lalulintas terutama Generasi Muda sekaligus dengan mengundang Tokoh Adat, karena Tokoh Adat sangat berpengaruh kepada Masyarakat dan kemenakan yang ada di Rohul,” paparnya.

Kapolres Rohul berharap kegiatan ini bukan hanya polisi saja, tetapi juga ikut menyertakan tokoh adat untuk bersama sama bertanggung jawab kepada Generasi mudahnya untuk menjadi yang lebih baik kedepannya,” tuturnya.

“Kepada adik-adik ku sekalian, melihat anak-anak di Rohul ini lebih dipengaruhi oleh lingkungan, sebab orang tua sibuk bekerja terutama berkebun dan anak pergi bersekolah, hal tersebut kurangnya interaksi dan komunikasi antara anak dan orang tua,” imbuhnya.

“Sehingga hal tersebut berpotensi munculnya hal yang menjurus pada menggunakan Rokok, penggunaan Narkoba, Obat-obatan terlarang lainnya, supaya hal ini dapat merusak Kaum Muda,” terangnya.

AKBP menghimbau kepada Pelajar sekalian, Jalan Raya itu bukan dibangun untuk kepentingan Pribadi adik-adik, tetapi bagi Masyarakat umum. “Oleh karena itu patuhi peraturan berlalu lintas demi keselamatan pengguna jalan baik Pengguna Kendaraan Motor maupun Pejalan Kaki,” ujarnya.

Perwira dengan Dua Melati ini, menghimbau untuk adik-adik tidak mengubah atau memodifikasi Kendaraan, seperti penggunaan Knalpot Brong yang tidak sesuai SNI

“Karena hal tersebut merupakan suatu kefatalan yang dapat menyebabkan kecelakaan lalulintas serta tidak menggunakan Helm, hal ini dapat membahayakan diri sendiri maupun Pengendara lain,” paparnya lagi.

“Oleh sebab itu Saya mengundang kepada seluruh guru, orang tua, LAMR, camat serta seluruh Kades se- Rambah untuk bersama sama, mengajak dan membina Generasi Muda kita, karena yang akan melanjutkan negeri ini tergantung bagaimana Kita mendidik Generasi muda kita menjadi lebih baik serta dapat menjadi apa yang dicita-citakan,” jelasnya lagi.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh adik adik, dan dapat menyebarkan nya kepada rekan lain, tetangga sanak dan saudara untuk sama sama memajukan serta menertibkan pengendara dalam mematuhi aturan berlalu lintas,” urainya.

Tampak, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Materi tentang Keselamatan Berlalu Lintas kepada Siswa/i SLTA dan SLTP oleh Tim ISDC (Indonesian Safety Driving Centre).

“Saya menghimbau kepada adik-adik untuk tidak melakukan hal yang konyol pada saat berkendara yang berefek fatal, untuk itu dimohonkan agar dipahami serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

“Tahun ini kita sudah memasuki masa Politik, pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati bagi adik-adik yang sudah mencapai Umur 17 Tahun, silahkan menyampaikan aspirasi nya untuk memilih Kepala Daerah baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur atau Bupati dan Wakil Bupati,” terang Pucuk Pimpinan Polri di Mako Polres Rohul.

AKBP Budi menghimbau kepada Masyarakat Kabupaten Rohul khususnya Masyarakat Rambah semoga bisa bersama sama menjaga situasi Kamtibmas dan stabilitas masyarakat tetap aman, damai dan kondusif.

Terpantau sekitar pukul 10.30 Wib, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi dan praktek berkendara secara baik dan benar oleh Tim ISDC.

Kegiatan tersebut berakhir sekitar pukul 11.10 Wib, selama berlangsung situasi berjalan aman dan kondusif. (Humas Polres Rohul) Mengakiri.

Sungkono ( SKN)*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *