23 Stand Kreativitas Kelompok Mahasiswa KKN Semarakkan Abdurrab Invention and Inovation Exhibition 2024

Pendidikan27 Views

TERASRIAU, PEKANBARU – Universitas Abdurrab (Univrab) kembali menggelar Expo KKN dalam ajang Abdurrab Invention and Inovation Exhibition 2024. Kegiatan yang diikuti sebanyak 23 stand pameran kreativitas inovatif ini diselenggarakan di Gedung Susiana Tabrani Convention Hall di Jl. Bakti,  Kamis 12 September 2024.

Selain kelompok mahasiswa, stand ini juga diramaikan peserta dari seluruh fakultas yang ada di Univrab serta SMAN 1 Pekanbaru, SMK Abdurrab, SMA Abdurrab Islamic School,  SMP Abdurrab Islamic School. “Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa kita untuk menampilkan kreativitas, dan inovasinya. Mereka ini memberikan pengalaman selama di tempat mereka bertukar,” ujar Rektor Univrab, Prof. Susi Endrini, S.Si, M.Sc, Ph.D, Kamis (12/9/2024).

Dijelaskan, selain itu kegiatan juga diikuti oleh 80 mahasiswa  MBKM, sebagaimana program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Sebelumnya, Kelompok mahasiswa KKN ini tersebar di seluruh kabupaten kota Provinsi Riau, provinsi tetangga, pulau Jawa. Sedangkan kolaborasi dengan empat universitas luar negeri yakni Universiti Teknologi MARA, Malaysia (UiTM), Universiti Tun Onn Hussein Malaysia (UTHM), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan International Islamic University Malaysia (IIUM).

“Tahun ini adalah tahun ketiga kami melakukan KKN internasional. Diharapkan kepada mahasiswa Universitas Abdurrab ke depan bisa memberikan produk inovasi kepada masyarakat, bukan hanya sebatas publikasi,” pungkas Prof. Susi Endrini, S.Si, M.Sc, Ph.D.

Sementara itu, Pembina Yayasan Dr. dr. Susiana Anggraini, M.Pd Ked mengagumi kreativitas mahasiswa yang dipamerkan. Kepada mahasiswa diingatkan jangan hanya mengejar ilmu teori dan SKS, selesai kuliah dan cari kerja begitu saja, tetapi bagaimana bisa mengelola pikiran untuk kreatif dan inovatif. “Jangan hanya terjebak menyelesaikan SKS demi SKS saja, lalu stres skripsi belum selesai lalu mikirkan cari kerja,” ujar Dr. dr. Susiana Anggraini, M.Pd Ked.

Kepada mahasiswa juga diingatkan agar cara berpikir rektor dan mahasiswa jangan terlalu jauh. Sebaliknya ciptakan jarak terdekat agar dari diskusi menghasilkan pemikiran yang semakin keren.

“Saya mendukung kegiatan ini agar menjadi lebih baik dan kedepan menghasilkan pemikiran yang inovatif dan kreativit bagi mahasiswa. Semoga Universitas Abdurrab kedepan akan terbilang dan cemerlang,” serunya.

Usai acara pembukaan, Pembina Yayasan Dr. dr. Susiana Anggraini, M.Pd Ked bersama Rektor Univrab. Prof. Susi Endrini, S.Si, M.Sc, Ph.D, Wakil Rektor 1Apt. Isna Wardaniati, M.Farm, Wakil Rektor 2 Liza Trisnawati, ST, M.Kom, Wakil Rektor 3 dr. May Valzon, M.Sc mengunjungi 23 stand yang ada.

Rektor dan para petinggi Univrab kagum atas upaya dan capaian setelah mendengar langsung penjelasan dari mahasiswa penjaga stand.

Saling dialog dengan mahasiswa pun dilakukan untuk mengungkap keberhasilan mereka selama ini.(*)

Leave a Reply