Mahasiswa KKN UMRI Sosialisasikan Inovasi Produk dan Diversifikasi Usaha untuk Tingkatkan UMKM di Desa Gunung Sahilan

Business44 Views

TERASRIAU, Gunung Sahilan – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan kegiatan sosialisasi terkait inovasi produk dan diversifikasi usaha sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar.

Kegiatan Sosialisasi ini didukung penuh oleh Kepala Desa Gunung Sahilan, Dedi Gunawan dan Ibu Rini sebagai Ketua PKK Desa Gunung Sahilan.

Program sosialisai ini membahas terkait cara membangkitkan minat usaha dan menginovasikan produk sebagai penghasilan UMKM di Desa Gunung Sahilan dan memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk mendorong promosi dari hasil UMKM yang akan dijalankan. Rencana kegiatan ini akan bekerja sama dengan PKK dari Desa Gunung Sahilan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM di desa ini tentang pentingnya inovasi dalam pengembangan produk serta diversifikasi usaha guna menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Mahasiswa KKN UMRI, yang tergabung dalam kelompok yang ditempatkan di Desa Gunung Sahilan, berharap agar melalui sosialisasi ini, para pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas dan variasi produk mereka serta membuka peluang usaha baru yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi desa.

“Kami melihat bahwa banyak pelaku UMKM di Desa Gunung Sahilan memiliki potensi yang sangat besar, namun masih perlu didorong untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk dan memperluas jenis usaha. Dengan inovasi dan diversifikasi, UMKM di sini diharapkan dapat lebih berkembang dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas,” ujar salah satu mahasiswa KKN UMRI, Senin (26/8/2024).

Selain memberikan pemahaman teori, mahasiswa KKN UMRI juga melakukan praktik langsung dengan memberikan contoh-contoh produk inovatif dan simulasi diversifikasi usaha yang dapat diterapkan oleh para pelaku UMKM.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Desa Gunung Sahilan yang antusias mengikuti setiap sesi yang diadakan.

Dengan berakhirnya kegiatan sosialisasi ini, mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Riau berharap bahwa pengetahuan yang mereka bagikan dapat diterapkan oleh para pelaku UMKM di Desa Gunung Sahilan, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha yang lebih kreatif dan berdaya saing tinggi.(*)