Kegiatan Apel Pagi Bersama ASN Dan Non ASN , Terima Penghargaan UHC Dari BPJS wilayah II.

Kegiatan Apel Pagi Bersama ASN Dan Non ASN , Terima Penghargaan UHC Dari BPJS wilayah II.

Rokan Hulu Terasriau com –Kegiatan Apel Pagi Bersama ASN dan Non ASN di Lingkungan Pemerintah kabupaten Rokan Hulu tahun 2024 dirangkai dengan penyerahan Sertifikat Universal Health Coverage (UHC) Untuk Kabupaten Rokan Hulu dipimpin oleh Bupati Rokan Hulu yang di wakili oleh Sekretaris Daerah Muhammad Zaki, S.Stp, M.Si di Halaman Kantor Bupati Rokan Hulu, Senin (29/07/2024).

Hadir dalam acara Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah II dr. Eddy Sulistijanto, MM, AAK, Kepala Cabang BPJS Kantor Cabang Pekanbaru dr. Muhammad Fakhriza, MH, Drg. Septian Asmarwiyati, M.Kes, Para Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD di lingkungan Pemda Rohul.

Sekda Rohul Muhammad Zaki mengatakan pemerintah Rokan Hulu akan menerima sertifikat UHC dari Deputi direksi BPJS kesehatan wilayah II pencapaian ini merupakan hasil dari upaya, kerja keras dan peran serta seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung program kesehatan di Kabupaten Rokan Hulu, dimana Saat ini pencapaian UHC di Kabupaten Rokan Hulu per Juli 2024 mencapai 97, 42 Persen dari total jumlah penduduk sebanyak 573.520 jiwa.

“Sebanyak 558.721 jiwa telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, dan masyarakat yang sudah terdaftar memiliki akses yang lebih mudah ke layanan kesehatan karena saat membutuhkan perawatan di Fasilitas Kesehatan Masyarakat hanya perlu membawa KTP sebagai syarat administrasi” jelasnya.

Zaki menyampaikan bahwa hal ini merupakan langkah maju dalam upaya memberikan layanan kesehatan yang inklusif dan efisien bagi seluruh masyarakat Rokan Hulu, sehingga Pencapaian ini tidak berhenti sampai di sini karena masih banyak hal yang harus dilakukan bersama-sama untuk memastikan seluruh masyarakat Rokan Hulu mendapatkan layanan kesehatan yang optimal.

“Tentunya pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan baik di tingkat Puskesmas maupun rumah sakit, melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan serta Meningkatkan sinergi antara pemerintah daerah BPJS kesehatan dan pihak terkait untuk memastikan keberlanjutan program UHC” ujarnya.

Sekda Zaki mengajak untuk Terus meningkatkan pencapaian agar seluruh masyarakat Kabupaten Rokan Hulu dapat menikmati layanan kesehatan yang berkualitas dan merata dengan semangat gotong royong dan kebersamaan bisa mencapai Rokan Hulu yang sehat dan sejahtera.

Sementara itu, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah II dr. Eddy Sulistijanto, MM, AAK mengatakan pemerintah Rokan Hulu telah berhasil mencapai Target UHC dan akan diberikan sertifikat penghargaan atas pencapaian tersebut.

“Kami mengucapkan Terima kasih kepada Bupati dan jajaran yang sudah berusaha mencapai target UHC ini, dengan dukungan pemerintah sehingga hal ini dapat terwujud” ujarnya.

lebih lanjut Eddy menerangkan Data UHC di Kabupaten Rokan Hulu hampir sama dengan data nasional di 97, 42 persen dirinya yakin jika sudah di update dengan data yang baru akan mencapai 98 persen.

“Karena target UHC berdasarkan RPJMN tahun 2024 harus mengcover 98 persen dari jumlah penduduk” pungkasnya.

Kemudian Eddy menyampaikan bahwa Pada Agustus nanti BPJS bersama Pemerintah provinsi dan kabupaten mendapatkan undangan dari Presiden, dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dapat bersama sama menerima penghargaan secara nasional bersama provinsi lain.

Dalam kesempatan tersebut Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah II dr. Eddy Sulistijanto, MM, AAK, menyerahkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Untuk Kabupaten Rokan Hulu kepada Sekda Rokan Hulu Muhammad Zaki SSTP, M.Si dilanjutkan dengan menyerahkan Alat Kelengkapan kepada perwakilan Agen Pesiar (Petakan, sisir, Advokasi, registrasi) Rokan Hulu.