Keberanian Pj Gubri SF Hariyanto, Menjadi Solusi Kemajuan Pembangunan di Riau

Riau116 Views

PEKANBARU, TERASRIAU – Meski beberapa bulan duduki posisi selaku Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), Ir. H. S. F. Hariyanto, M.T kemampuannya  menyelesaikan berbagai persoalan di tengah masyarakat seakan melebihi Gubri definitif. Tak heran, seketika pula namanya melambung sebagai apresiasi masyarakat atas dedikasinya selaku Pj Gubri.

Apresiasi luar biasa ini diungkapkan langsung seorang tokoh pemuda Riau, Ir. Robert Hendrico. Secara blak blakan Robert yang juga tokoh aktivis 98 ini menyebutkan kemajuan Riau sudah sangat dirasakan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari seberapa tingginya atensi masyarakat atas program pemerintah yang dilaksanakan.

“Jika masyarakat merasakan dari setiap program yang dilaksanakan, tentunya mereka akan mengharapkan agar pemimpin seperti ini tetap didukung dan diberikan waktu yang lebih untuk menata daerah tersebut menjadi lebih baik lagi,” demikian diungkapkan Robert yang juga pernah menjadi dosen Unilak ini kepada wartawan saat konferensi pers, akhir pekan.

Pengamatan dan investigasi Robert selama ini, banyak kebijakan yang dilakukan SF Hariyanto mewujudkan mimpi masyarakat selama ini. Seperti pemberian SK untuk 149 guru tidak tetap di Kabupaten Indragiri Hilir. Memberikan penghargaan kepada sekolah terbaik, serta hadiah umroh bagi guru berprestasi dan berdedikasi tinggi di dunia pendidikan di Riau.

Rasa gembira campur haru ini seperti dirasakan dan diungkapkan Heri Yulindo, seorang guru dari Kabupaten Siak yang mendapat hadiah umroh. Apresiasi peduli SF Hariyanto ini mengingat jasa pengabdiannya selama 23 tahun sebagai kepala sekolah. “Ini menunjukkan komitmen Pj Gubri SF Hariyanto di dunia pendidikan,” beber Robert.

Terkait sektor pendidikan di Riau, Pj Gubri juga menata pendidikan menjadi lebih baik lagi. Beberapa kebutuhan pendidikan yang masih kurang secepatnya dibenahi tanpa banyak berpikir, yang penting bagaimana pendidikan tepat sasaran tercapai.

“Ini tujuannya tak lain agar sumber daya manusianya dapat bersaing dengan daerah dan negara lainnya,” imbuhnya.

Demikian juga dengan hal hal lainnya semua menjadi perhatian serius bagi pak SF Hariyanto. Dalam pemikiran, beliau inilah waktunya dalam menata Riau untuk lebih baik lagi.

Hal lain yang menjadi perhatian serius SF Hariyanto, yakni begitu banyaknya jalan rusak di tengah Kota Pekanbaru. Ia pun mengambil langkah strategis dengan memperbaiki, mengaspal badan jalan yang rusak.

Tindakan mesti segera ini mengingat begitu banyaknya kecelakaan akibat pemicu jalan rusak. Hasilnya, terlihat beberapa ruas jalan yang awalnya jelek, sekarang menjadi mulus. “Sederhana saja, sejak pak SF Hariyanto menjadi Pj Gubri, semua diselesaikan dan diperbaiki, dan kehidupan warga Kota Pekanbaru pun menjadi lebih bergairah,” pungkas Robert lagi.

Atas banyak hal positif terbukti dan langsung di hadapan masyarakat, semakin mempertegas hanya semasa SF Hariyanto lah, keran pembangunan terpaparkan. “Bagi saya, pak SF adalah sosok pemberani mengambil kebijakan yang pro masyarakat banyak,” tegasnya lagi.

Tentu saja, lanjut Robert, patut rasanya merekomendasikan SF Hariyanto lebih memperluas  kreasi kinerjanya untuk kemajuan Riau kedepan. “Kita harapkan terus berlanjut sampai Riau ini bisa lebih maju lagi dan dapat disejajarkan dengan kota besar lainnya di Indonesia,” pungkas Robert sembari menambahkan sosok SF adalah sosok pemimpin yang lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan kelompok atau golongan.

Lanjut Robert lagi, masih banyak lagi dampak positif atas kepemimpinan SF Hariyanto selama menjabat Pj Gubri.

Selanjutnya, kinerja positif tak terbantahkan, ketika Pemko Pekanbaru mengalami minus anggaran sejak Mei 2024, SF Hariyanto langsung mengambil langkah strategis dengan memberi bantuan anggaran.

“Kita memberikan apresiasi kepada pak SF Hariyanto yang cepat tanggap dalam mengatasi berbagai polemik permasalahan yang dihadapi masyarakat,” tutup Robert. (*)