Cegah Bahaya Narkoba, Mahasiswa Prodi Farmasi FMIPA Umri Gelar Sosialisasi di SMP Negeri 4 Tambang

Inspirasi72 Views

TERASRIAU, PEKANBARU – Sekelompok mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi, Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) mengadakan sosialisasi tentang Bahaya Narkoba dan Pencegahannya. Kegiatan yang digelar di SMP Negeri 4 Tambang, Kampar, 20 Mei 2024 lalu itu terkait penyelesaian akhir tugas mata kuliah Kewarganegaraan.

Dosen Pengampu atau sebagai penanggungjawab kegiatan, Ilham Hudi, S.Pd, M.Pd mengatakan, kegiatan ini untuk mengedukasi pelajar agar dapat memahami dan mencegah bahaya narkoba sejak usia dini.

Sementara itu, Ketua Inisiatif Hemalini dan Hiban mengatakan kegiatan diawali dengan presentasi interaktif oleh anggota Kelompok 5 di salah satu kelas di SMP Negeri 4 Tambang. “Dimulai dengan presentasi pada sesi PowerPoint singkat yang menjelaskan betapa seriusnya ancaman narkoba terhadap remaja,” ujar Hemalini dan Hiban.

Hal yang menarik dari sosialisasi ini adalah munculnya video-video tentang bahaya narkoba dalam kehidupan sehari-hari yang seringkali menjadi pintu gerbang penyalahgunaan narkoba.

Hiban Nurhakiki mengatakan para siswa sangat antusias  melihat bagaimana simulasi inisiasi narkoba berlangsung.

Dan mahasiswa juga berbicara tentang cara menolak tawaran narkoba. ” Akibat kurangnya edukasi serta pengawasan orang tua dan guru dapat menjerumuskan anak ke dalam pemakaian narkoba sejak dini,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi oleh Mahasiswa Umri ini mendapat apresiasi luar biasa dari pihak sekolah. Karena dinilai sangat penting membentengi generasi bangsa agar tak terjerumus dalam tindakan mendorong narkoba.

“Terimakasih kepada mahasiswa Umri sudah aktif di dalam sosialisasi ini, ibu selaku guru kesiswaan juga prihatin tentang kejadian kejadian yang ada di kalangan remaja. Semoga siswa siswa dapat mencerna informasi yang telah diberitahukan dan di praktekkan sebagai benteng dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Kepsek SMP Negeri 4 Tambang Emelfa S.Pd yang diwakili Wakasek Kesiswaan ibu Nova.

Acara diakhiri dengan pesan penyemangat dari Ketua Kelompok  5 dengan mengimbau seluruh pelajar untuk melindungi diri dan teman-temannya dari narkoba.

Ia menegaskan, hidup bebas  narkoba merupakan keputusan yang akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan.

“Terimakasih kepada pihak sekolah yang sudah memberikan izin kami untuk bersosialisasi, Kami mendoakan agar siswa siswi terhindar dari narkoba dan menjauhi narkoba,” ucapnya.(*)