Mahasiswa Tangerang Tuntut Pendidikan Gratis Tanpa Syarat

Nasional672 Views

TERASRIAU,TANGERANG,- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Aksi Mahasiswa (FAM) Tangerang menggelar aksi masa didepan kawasan pendidikan Cikokol, Kota Tangerang. Dalam aksinya, mahasiswa berpandangan bahwa pendidikan gratis tanpa syarat belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat. Terlebih pendidikan saat ini hanya menjadi ajang komersialisasi dan kapitalisasi pendidikan.

Humas aksi, Mian Syafeii menyebut bahwa pemerintah sebagai pihak utama belum mampu menjalankan mutu pendidikan dengan baik.

“Seharusnya negara berperan penuh dalam konteks pendidikan ini, namun nyatanya negara gagal dalam merealisasikan pendidikan gratis tanpa syarat. Terbukti hari ini pendidikan hanya menjadi ladang bisnis semata,” ungkapnya kepada awak media, Rabu (15/02/2023).

Selanjutnya mahasiswa mengungkapkan pendidikan gratis tanpa syarat tidak hanya mengacu pada pembelajaran semata.

“Selain masih banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan pendidikan yang layak, disini pendidikan gratis tidak hanya sebatas sarana prasarana, namun asfek pendukungnya pun harus diberikan dan seperti transportasi dan uang saku,” ujarnya.

Kemudian tidak adanya transparansi dana pendidikan sangat riskan menjadi ajang manipulatif.

“Kita tidak tahu alokasi dana pendidikan sebanyak itu peruntukannya untuk mana saja, jangan sampai dana yang tersedia tidak mampu terserap dengan baik, artinya ada kegagalan dari pemerintah itu sendiri,” tegasnya.

Sementara Alokasi dana pendidikan di Kota Tangerang hanya menyerap sekitar 67,26 %.

“Belum lagi alokasi dana pendidikan tahun lalu yang Silpa 13,94 Miliar. Disini ada kemandulan dalam pengalokasian dana, sedangkan diluar masih banyak yang harus dan berhak menerimanya,” tambahnya.

Kemudian belum adanya realisasi dari anggaran pendidikan tahun 2023.

“Menjadi lucu dimana anggaran pendidikan sudah turun namun menjelang habisnya triwulan pertama belum adanya realisasi dari anggaran tersebut khususnya bagi dana BOS,” ungkapnya.

Dalam aksinya, FAM Tangerang menuntut:

  1. Transparansi Dana Pendidikan
  2. Realisasikan Pendidikan Gratis Tanpa Syarat.