Korban Kebakaran Tak Tersentuh Bantuan dari Dinsos Pekanbaru, Diduga Akibat Lurah, RT/RW Saling Lempar Tanggungjawab.

TERAS RIAU, PEKANBARU ,-Malang nian nasib Minah dan Suaminya, mereka korban kebakaran pada 22 Desember 2022 di Jalan Cipta Karya RT,02/ RW.03 Kelurahan Sialangmunggu, kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Kerugian ditotal mencapai ratusan juta rupiah, namun, tidak seperti korban kebakaran lainnya yang biasanya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan sembako dan pakaian serta bantuan lainnya untuk korban kebakaran di Wilayah Kota Pekanbaru

Sungguh beda hal yang dirasakan Minah dan Suaminya,”Kami tidak ada tersentuh bantuan dari Dinsos Pekanbaru, padahal telah dua bulan lebih bantuan itu kami harapkan datang,”ucap Minah kecewa dengan wajah memerah semacam siap ditampar Ayahnya. “Kesiapa lagi kami minta bantuan?” Tanyanya singkat ke Awak Media ini, Senin (27/02/2023), Sore WIB.

RT/ RW dan Pihak Kelurahan setempat dinilai slow respon, terkait musibah kebakaran yang dialami Minah dan keluarga nya, seperti dikatakan Rusman,”Korban kebakaran sunguh kecewa terhadap Lurah, RT dan RW, lantaran tidak dapat bantuan, kerena saya nilai mereka saling lempar tanggungjawab, semua yang terkait telah saya jumpai,”ujar Rusman Antagana warga setempat yang juga pengurus Forum Pers Independen Indonesia.

Ketika diselusuri oleh Rusman Antagana ke kantor Kelurahan setempat, Lurahnya tidak berada di Kantor , namun ia Rusman mengaku menemui pegawai kelurahan yang biasa disapa Teteh. “Tugas kami cuman bembuatkan surat untuk ke Dinas Sosial
Suratnya telah dibuatkan, tapi tidak diambil oleh RT dan RW setempat, itu tugas mereka yang ngantar ke Kantor Dinsos Pekanbaru,”ucap Teteh menjelaskan ke Rusman.

Tidak sampai disitu, Kemudian Rusman Antagana menghubungi RW melalui Telepon selulernya dan Kepala Pemerintahan RW setempat mengatakan,”tugas kami cuman mengambil data korban dan sudah kami antarkan kekantor Lurah, tugas kami cuma sampai ke Kantor Lurah, selanjutnya sudah tanggungjawab Kelurahan, karena surat kelurahan yang membuat untuk ke Dinas Sosial Pekanbaru,” ucap ‘Pak’ RW ke Rusman.

Oleh karena itu, Rusman Antagana meminta Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, S.STP., M.AP melalui Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus S.Ag., M.Ag., diharapkan menegur Lurah/RT/RW yang dinilai lalai melayani masyarakat,” Iya, saya berharap ada teguran dari Pj Walikota dan Kadinsos” ucap Rusman kesal.

Saat berita ini diterbitkan, Pj Walikota Pekanbaru dan Kadinsos Pekanbaru dalam usaha tahap konfirmasi oleh Awak Media ini. (KA).