Sebelum ke Menteri LHK, KIC akan ajak Warga Ributkan Limbah PT TAL ke Pekanbaru

Kuansing,TerasRiau.com,- Aktifis muda asal Kuantan Singingi (Kuansing) Khairul Ikhsan Chaniago atau KIC menyebut akan membawa permasalahan limbah PT Tamora Agro Lestari (TAL) ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI).

Namun sebelum itu, dalam waktu dekat ini ia akan meributkan permasalahan limbah PT TAL ini ke Pekanbaru. Aktifis yang juga putra asli Kecamatan Hulu Kuantan tersebut menjelaskan maksud meributkan itu ialah dengan melakukan aksi demo bersama rekan aktifis dan warga tempatan lainnya, di beberapa kantor aparatur terkait di Provinsi Riau yang bisa menangani permasalahan limbah PT TAL tersebut.

”Ya dalam waktu dekat ini, sudah kita konsolidasikan bersama warga perwakilan dari beberapa desa yang merasakan dampak limbah, kita akan bawa demo masalah limbah PT TAL ini ke DPRD Riau, Kantor Gubernur dan Polda Riau. Memperkuat legitimasi gerakan, setelah demo kita bawa semua dokumentasi ke Menteri LHK Ibu Siti Nurbaya. Sebab, apa yang sudah dilakukan PT TAL Inikan sudah masuk kategori kejahatan lingkungan yang sangat berat, negara harus segera bertindak” ujar KIC, Selasa (3/1/2023).

Saat disinggung kenapa tidak melakukan demo di Kabupaten Kuansing terkait permasalahan limbah PT TAL ini, KIC menjawab dirinya tidak percaya dengan integritas Pemkab Kuansing yang sekarang. Karena KIC menduga banyak oknum petinggi di Pemkab Kuansing yang menjadi pengawalnya cukong pemilik PT TAL di Kuansing. Namun KIC tak merinci siapa oknum petinggi Pemkab Kuansing yang menjadi pengawal PT TAL tersebut.

”Kenapa kita awali demo di Provinsi. Karena kita menduga banyak petinggi kita di Pemkab Kuansing itu yang menjadi jongosnya (pengawal) PT TAL itu. Jadi kurang percaya kita dengan integritas Pemkab Kuansing yang sekarang,”pungkas KIC.(Nov)