Soal kenaikan Tarif Parkir, Ini Kata Pj. Walikota Pekanbaru

Foto : Pj. Walikota Pekanbaru Muflihun, S.Stp M.Ap

www.terasriau.com

PEKANBARU – Dalam keterangan persnya soal kenaikan tarif parkir dikota Pekanbaru, kamis malam (1/9/22) Pj. Walikota Pekanbaru mengatakan, ” itu kebijakan sudah dirancang sebelum saya jadi Pj. terkait hal ini saya segera panggil minta penjelasan detail OPD terkait untuk dianalisa kembali, ” ungkap Muflihun.

Dalam diskusi yang kemudian dilanjutkan jum’at pagi (2/9/22), Pj. Walikota Pekanbaru mengatakan, ” ditengah warisan defisit anggaran yang luar biasa ini, selain soal biaya penanganan sampah, banjir dan infrastruktur jalan, sektor penting lainnya yang sangat membutuhkan pembiayaan adalah pendidikan. “

Baca : Pj Walkot Kaget Tarif Parkir di Pekanbaru ‘Tiba-tiba’ Naik

”  Dari laporan yang saya terima, bahwa jika tidak diantisipasi, tahun depan terdapat sekitar 20 ribuan lulusan SD, sedangkan SMP negeri hanya bisa menampung 9 ribuan saja. Jadi ini masalah krusial, walaupun ada sekolah swasta, namun tidak semua orang tua mampu, ” ungkap Muflihun.

Lebih lanjut bicara soal korelasinya dengan pembiayaan pembangunan, Pj. Walikota Pekanbaru Muflihun mengakui bahwa pihaknya telah memangkas sejumlah program yang dinilai tidak prioritas guna penghematan diberbagai sektor.

Baca : Raker Komisi III DPRD Pekanbaru ; Ribuan Lulusan SD Bakal Tak Tertampung di Sekolah Negeri

” saya akui kebijakan lama ini tidak populis, namun disatu sisi kenaikan tarif parkir yang tidak begitu besar ini sangat membantu PAD ditengah kondisi defisit dan APBD yang terbatas, disitu urgensinya, ” ungkap Muflihun.

Terkait hal tersebut Pj. Walikota Pekanbaru mengatakan akan segera membahasnya dengan DPRD guna mendapatkan solusi yang terbaik bagi semua. ” Karena itu saya berharap kita semua dapat memahami kondisi saat ini, jadi mohon bersabar, ” tutup Muflihun. (*thd)