Kepsek SMPN 1 Singingi Siap Sukseskan Asesmen Nasional-2022.

TELUK KUANTAN-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 kecamatan Singingi, siap ikuti ANBK atau Asessmen Nasional Berbasis Komputer, yang akan dilakukan 19 hingga 22 September 2022 untuk metode penentu nilai kelulusan siswa sekolah yang digunakan sebagai pengganti Ujian Nasional.

“Siap mensukseskan ANBK 2022, dan memperbaiki mutu sekolah,”ujar Andriyuan, S.Pd Kepala sekolah SMP 1 kecamatan Singingi, kabupaten Kuansing, Rabu, 7 September 2022 di Muara Lembu.

Adapun fungsi pelaksanaan ANBK ini guna meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu juga untuk memetakan serta memonitor mutu pendidikan di Tanah Air.

Jadi, ANBK ini adalah evaluasi program dari Kemendikbud agar mutu pendidikan meningkat dengan cara memotret input, proses, serta output pembelajaran dalam satuan pendidikan.

“Prestasi terakhir SMPN 1 kecamatan Singingi adalah olimpiade Sains tingkat Nasional perwakilan kabupaten Kuansing lewat Daring pada Agustus 2022 lalu” Kata Kepsek SMPN 1 Singingi dengan penuh optimistis siap menghadapi ANBK 2022.

Adapun ANBK ini dibagi jadi tiga instrumen, yaitu: Tes AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Untuk Tes AKM ini hanya dikerjakan oleh perwakilan siswa SD kelas 5, siswa SMP kelas 8, dan siswa SMA/SMK kelas 11 dari sekolah-sekolah. Perwakilan siswa dipilih oleh pemeringah dan guru.

Nah bagi perwakilan siswa, khususnya siswa SMP yang terpilih untuk mengikuti ANBK 2022, alangkah baiknya untuk mempelejari beberapa contoh soal ANBK 2022 SMP dari berbagai situs website.

Sebagai informasi, ANBK 2022 jenjang SMP sederajat akan diselenggarakan mulai tanggal 19 September hingga 22 September 2022. Sementara untun peserta ANBK jenjang Paket B akan diselenggarakan mulai tanggal 24 September hingga 25 September 2022.

TIM: FPII