Kalapas Kelas II Palu Terima Kunjungan Ketua Presidium FPII, Ini Pokok Bahasannya

Nasional356 Views

TERAS Palu/Sulteng— Dalam kunjungannya dihari ke – 4 di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua Presidium FPII Dra. Kasihhati didampingi Sekretaris Nasional FPII Irfan Denny Pontoh, S.Sos melakukan audiance dengan Kepala Lembaga Pemasyarakan (Kalapas) Kelas II Palu Gamal Badri, Bc,IP, SH beserta jajaran dipalu, kamis (30/9/2022).

Dalam audiance yang berlangsung diruang kerja Kalapas Klas II Palu itu, Kalapas Gamal Badri, Bc, IP, SH yang didampingi Kasi Giatja Samsuddin, SH menyampaikan sejumlah program yang telah dilakukan oleh Lapas Klas II Palu, terkait dengan upaya untuk mengembangkan minat, keahlian dan ketrampilan warga binaan.

“Kami memang berkomitmen, untuk terus mengembangkan minat, keahlian dan ketrampilan warga binaan, baik disektor kerajinan, perbengkelan, meubiller, perkebunan, dll” ujar Gamal Badri.

Gamal Badri mengatakan, meski terkendala modal dan sarana prasarana, termasuk belum terbukanya jaminan pemasaran, namun sejumlah kelompok UMKM warga binaan terus berkreasi dan berproduksi.

Sementara itu, Ketua Presidium FPII Dra.Kasihhati dalam kesempatan itu menyampaikan keberadaan FPII sebagai salah satu organisasi profesi kewartawanan yang eksis secara nasional.

“Sebagai organisasi profesi kewartawanan, FPII secara nasional eksis dan bernaung di Dewan Pers Independen,” tegas Kasihhati.

Terkait hal itu, Sekretaris Nasional FPII Irfan Denny Pontoh menegaskan, penting diketahui pejabat dan pemangku kepentingan didaerah, dengan bernaungnya FPII di Dewan Pers Independen, setiap hal terkait lakon profesi wartawan jaringan media FPII semua bermuara atau terikat pada kode etik dan norma yang ditetapkan oleh Dewan Pers Independen (DPI).

‘”Contohnya, kalo ada wartawan jaringan media FPII yang memberitakan sesuatu yang melanggar norna atau etika, maka yang merasa dirugikan lapornya harus ke Dewan Pers Independen, kalo ngadu ketempat lain itu salah alamat,” tukas Irfan.

Gamal Badri pun menimpali, dirinya sebagai Kalapas Klas II Palu bersama Jajaran sangat bergembira atas kunjungan Ketua Presidium dan Seknas FPII.”Kami siap bermitra dengan pers,” tandas Gamal.

Dalam kesempatan itu, Kepala Lapas Kelas II Palu, Gamal Badri, Bc.IP, SH dengan didampingi Kasi Giatja Samsudin, SH dan Kasubsi Sarana Kerja
Marthen Limbong, SH, mengajak Ketua Presidium dan Seknas FPII untuk melihat langsung aktifitas warga binaan disejumlah blok UMKM Perbengkelan, Meubiller dan Kerajinan.

Di blok usaha perbengkelan, nampak sejumlah warga binaan melakukan perbaikan sejumlah kendaraan bermotor.”Wah ini bagus sekali kerjanya,” puji Ketua Presidium FPII.

Saat berada diblok usaha meubeller, Ketua Presidium FPII kembali memberi pujian atas kreasi meubiller warga binaan Lapas Kelas II Palu.”Ini Sihh tidak kalah kualitasnya dengan produk dari luar, sangat bagus,” puji Kasihhati.

Diblok usaha kerajinan, nampak sejumlah warga binaan membuat kerajinan gantungan kunci dan pot bunga, dalam momen itu Ketua Presidium dan Seknas FPII menerima cendera mata gantungan kunci kreasi warga binaan.

Disela-sela kunjungan ke sejumlah blok usaha itu, Kalapas Gamal Badri, Bc, IP, SH, kembali menegaskan sebetulnya warga binaan punya motivasi besar untuk meningkatkan produktifitasnya, cuma sayangnya,, saat ini masih terkendala modal dan dukungan sarana prasarana.

Merespon hal itu, Ketua Presidium FPII menegaskan, melalui jaringan media FPII nantinya dirinya akan mendorong pemerintah daerah untuk memberikan perhatian,”Pemda harus berikan atensi,” tegas Kasihhati.

Dikesempatan akhir, Kalapas Gamal Badri menyampaikan terkait usaha perkebunan jambu kristal yang juga menjadi bagian dari program Lapas Petobo Palu,’Kita juga kembangkan perkebunan jambu kristal, diwilayah langaleso Kabupaten Sigi,” ungkap Gamal. (red)

Sumber : Presidium FPIIRELEASE RESMI PRESIDIUM FPII.