Puluhan Ribu Masyarakat Kuansing ‘Tumpah Ruah’ di Tepian Rajo Pangean

TERAS RIAU KUANSING – Puluhan ribu masyarakat Kabupaten Kuansing, Riau, tumpah ruah di tepian Rajo Pangean, menyaksikan Pacu Jalur, Kamis (21/07/22).

Pacu jalur di Tepian Rajo Pangean merupakan pacu jalur ajang coba menjelang pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan dalam rangka memperingati HUT RI 17 Agustus 2022.

Tampak disepanjang arena tepian rajo dipadati pengungjung saling memberikan dukungan kepada anak pacuan jalur dari desa masing-masing. Bahkan sebagian pengunjung rela menceburkan diri ke sungai agar lebih dekat menyemangati anak pacuan.

Anggota DPR RI, Abdul Wahid, yang turut hadir memeriahkan acara pacu jalur uji coba 2022. Kedatangan politisi muda itu disambut dan dikalungi bunga oleh panitia penyelengara dan unsur pemerintahan setempat.

Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby didampingi Abdul Wahid diarak dalam pompong yang sudah dihias menuju finish, dengan diiringi 2 buah barondo disertai penampilan silat Pangean.

Abdul Wahid mengaku terkejut oleh antusias penggunjung menyaksikan pacu jalur. Ia tidak menyangka akan seramai ini.

“Luar biasa antusias masyarakat menonton pacu jalur ini. Padahal ini baru ajang uji coba. Ini sebagai bentuk kecintaan masyarakat atas budaya tradisional yang diwarisi turun tenurun dari ratusan tahun yang lalu,” Ucap Wahid.

Ia pun mengajak masyarakat terus menjaga kelestarian budaya masyarakat Kuantan selagi air Kuantan terus mengalir hingga ke hilir.

“Mari terus lestarikan, semoga tak lekang oleh panas tak lapuk oleh hujan,” Pungkas Wahid.

Pacu jalur uji coba 2023 di Kecamatan Pangean berlangsung selama tiga hari, 21 sampai 23 Juli 2022 mendatang. (***)AS