Kalapas Pekanbaru Hadiri Pembukaan Kegiatan Rapat Koordinasi Pembentukan Rumah Singgah di Wilayah Riau

www.terasriau.com

PEKANBARU – Dalam rangka pengembangan dan peningkatan pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan yang telah terbentuk di Bapas Seluruh Indonesia, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menyelenggarakan Rapat Koordinasi pembentukan Rumah Singgah sebagai wadah pemberdayaan Pokmas Lipas sekaligus persiapan dalam penerapan Keadilan Restoratif di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru, pada selasa pagi (21/06) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Pembinaan Anak Didik (Kasi Binadik) ikut menghadiri undangan pembukaan Rapat Koordinasi Pembentukan Rumah Singgah tersebut.

Rapat koordinasi ini selain dihadiri oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis se Kota Pekanbaru juga dihadiri oleh stake holder dan mitra kerja yang lain seperti dinas Ketenaga kerjaan dan unsur pegawai pemerintah daerah yang lain.

Dalam sambutannya Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Riau. M.Jahari Sitepu menjelaskan Pemerintah daerah merupakan garda terdepan yang memberikan layanan pemerintah kepada masyarakat dengan mengakomodir banyak fungsi dari institusi pemerintahan, sehingga tidak salah jika saya menyebut pemerintah daerah sebagai stakeholder strategis yang dapat terlibat dalam jejaring penyelenggaraan pemasyarakatan. Ucap Jahari.

Ditambah lagi dengan kebijakan-kebijakan pembangunan daerah yang tentunya disesuaikan dengan budaya dan sumber daya yang dimiliki masing-masing daerah. Sifat multifungsi dan fleksibilitas terhadap kondisi lingkungan dan masyarakat di daerah, akan mampu menghasilkan program yang tepat dan memenuhi kebutuhan warganya, termasuk pelanggar hukum.

Saya harap melalui kegiatan rakor ini, dapat menjadi wadah sekaligus sarana dalam menggali dan menciptakan peluang peluang kolaborasi, terutama antara Pemda, Bapas dan Pokmas Lipas yang kedepannya dapat menjadi pemantik bagi keterlibatan institusi pemerintah lainnya untuk berkolaborasi dan mengembangkan jejaring kerja melalui Rumah Singgah Griya Abhipraya agar pemberdayaan yang dilakukan Pokmas Lipas makin berdaya dan bersinergi dengan program yang diusung pemerintah. Tutup Jahari.

Sumber Lapas Pekanbaru
Editor Heri W .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.