Berkah Mudik Cen Sui Lan ke Simandolak, TA 2023 Rp 1,6 M untuk Pembangunan Kenegerian Simandolak

Terasriau.com Kuansing – Cen Sui Lan, Ang Komisi V DPR RI Fraksi Golkar, Tahun Anggaran ( TA 2023), mengalokasikan Rp 1,6 Milyar Dana Aspirasi untuk 2 Program di KeNegerian Simandolak, kecamatan Benai, Kabupaten Kuansing, Riau berupa 5 paket Program P3TGAI(Program Percepatan Penggunaan Tata Guna Air Irigasi – Irigasi Tersier) dan 30 unit Bedah Rumah atau BSPS ( Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya).

“1 Paket Program P3TGAI bernilai Rp 200 juta, jadi kalau 5 paket menjadi Rp 1 Milyar dan 30 Unit bedah rumah, 1 unit dengan nilai Rp 20 juta, berarti Rp 600 juta,”ujar Cen Sui Lan kepada centroriau.id pada keterangan tertulisnya, pada Kamis (5/5/2022).

Kebijakan dan Keputusan Anggaran itu diambil Cen Sui Lan, setelah ia menerima Aspirasi dari 5 Kades SeKenegerian Simandolak (Andrisman, Kades Tebing Tinggi Simandolak,; SiOp,Kades Pulau Lancang Simandolak; Dede Kurniawan, Kades Pulau Ingu Simandolak; Kades Tanjung Baru Simandolak diwakili dan Kades Koto Simandolak diwakili) dan tokoh tokoh masyarakat KeNegerian Simandolak ,diantaranya Suryasman, Kepala Mts Simandolak, yang juga bertindak Sebagai Koordinator Kegiatan BakSos (Bakti Sosial) dari Cen Sui Lan berupa memotong 3 kerbau dan bantuan untuk Lomba Semarak Lebaran 1443 H di Simandolak, Yurnalis, Kepala SMAN Benai: Arman Yulis, Kepala SMKN Kuansing; Adnan M Djudin, Sesepuh Simandolak, Tokoh masyarakat Simandolak yang berada di Pekanbaru, khusus hadir untuk Kegiatan tersebut dan puluhan Panitia Kegiatan Baksos tersebut.

Aspirasi dan dialog terjadi secara Natural, ketika disela sela Kegiatan pelaksanaan mamantai kobau (potong kerbau-red) Cen Sui Lan mendatangi tenda yang sudah dipersiapkan. Panitia Kegiatan dan terjadilah Dialog antara Cen Sui Lan dan para Kades SeKenegerian Simandolak, Andrisman, Kades Tebingtinggi Simandolak, sangat aktif memberikan masukan dan meminta kepada Cen Sui Lan untuk program Program tersebut. Pertanyaan tajam juga disampaikan Cen Sui Lan kepada para Kades itu agar selalu bersatu dan kompak dalam membangun Desa dan KeNegerian Simandolak.

“Selain 5 Paket Program P3TGAI dan 30 unit Bedah Rumah, bisa Saya putuskan sekarang untuk dialokasikan pada TA 2023, karena, itu memang kewenangan Saya,” ujar Cen Sui Lan kepada para Kades itu.

“Sedangkan untuk Revitalisasi Irigasi Primer Simandolak, saya perlu data data berupa kondisi terakhir berupa fhoto atau videonya dan juga Pembangunan Turap di Tepi Sungai Kuantan di Lokasi Mesjid Jamik Simandolak di Koto, perlu juga kondisi lapangannya seperti apa? jangan sampai Mesjid Jamik Simandolak yang berada di tepi Sungai Kuantan itu, runtuh dan roboh, kasih data data nya dalam bentuk pdf saja,” Jelas Cen Sui Lan dalam kesempatan itu.

Untuk Revitalisasi Irigasi Primer Simandolak dan Pembangunan Turap Mesjid Jamik Simandolak, Cen Sui Lan bicarakan dengan Jarot Widyoko, Dirjen SDA KeMenterian PUPR dalam kesempatan. Pertama RDP (Rapat Dengar Pendapat) antara Komisi V DPR RI dan Dirjen SDA KeMenterian PUPR. Karena, setelah Reses Lebaran ini masuk ke MP (Masa Persidangan) DPR RI untuk dibahas tentang Aspirasi masyarakat yang ditampung.

Cen Sui Lan yang juga mendapat penugasan Fraksi sebagai Ang Panja RUU LLAJ (Lalu Lintas Angkutan Jalan) yang segera masuk Pembahasan di DPP RI mengakhiri penjelasannya tentang Aspirasi yang ia terima dari masyarakat ketika disela selalu Mudik Lebaran ke Simandolak, Kabupaten Kuansing, Riau.

Ia mudik bersama Raja Mustakim, suaminya, serta 2 anaknya, Raja Putri Sholehah RKPM(19) dan Raja Putri Umrahanny RKPM (9).

Seperti terpantau pada Grup WhatsApp Balai Godang Simandolak, kepala desa Simandoalak Pikri menuliskan ucapan terima kasih kepada Cen Sui Lan dan Raja Mustakim, serta Prof. Aras Mulyadi,”Atas nama pemerintah desa Simandolak, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada pak Raja Mustakim dan ibu Cen Sui Lan atas sumbangannya yang tak terhitung lagi jumlahnya, semoga menjadi ladang amal di sisi Allah SWT aamiin,” tulis Pikri Kades Simandoalak yang mewakili lima kepala desa se-Kenegerian Simandolak.

Pikri menambahkan,”Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pak Prof.Aras Mulyadi yang telah membantu hadiah untuk para juara peserta MTQ tingkat desa Simandolak, semoga dicatat sebagai pahala oleh Allah SWT aamiin,” tutup Kades Simandoalak. (Krt)