Warga Cerenti Resah! Beruang masuk kebun karet

Headline, HukRim, Riau387 Views

TERAS Riau Cerenti -Warga desa Pulau Jambu, Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuansing, resah dengan kemunculan empat ekor beruang yang memasuki kebun karet sehingga mengganggu aktivitas petani untuk menyadap karet.

“Sudah lebih dua Pekan ini, kawanan beruang itu masuk ke kebun karet petani di Pulau Jambu, kecamatan Cerenti, kami sangat was-was, tidak berani menyadap karet, takut jadi korban terkaman beruang” kata Afrizal pada awak Media pada Senin, 3 Januari 2021 di Kuansing, Riau.

Kawanan beruang tersebut menurut penuturan Afrizal, selain membuat Petani ketakutan, juga merusak tanaman kebun lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Afrizal, sampai saat ini belum ada upaya untuk menghalau satwa liar tersebut kembali ke dalam hutan, warga telah melaporkan keberadaan beruang tersebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, lewat Polsek Cerenti beberapa waktu lalu.

“Kami juga telah melaporkan ke BKSDA Riau, lewat pihak Polsek, tak mungkin harus menunggu ada korban jiwa dulu, baru kami laporkan.” Ucap Afrizal yang juga tokoh pemuda kecamatan Cerenti, sembari berharap ada tindakan cepat dari Instansi terkait untuk menangkap atau menghalau kawanan beruang yang membuat resah petani tersebut.

Kapolsek Cerenti, AKP. Wan Mantazakka, SH.MH mengatakan,”Benar, kami telah melaporkan ke BKSDA, dan pihak terkait telah turun ke lokasi beberapa waktu lalu,” ujar Kapolsek Cerenti lewat telepon genggamnya.

“Iya Pak! kami telah turun pada hari Selasa 28 Desember 2021 dan untuk solusinya kami menunggu atasan, serta saat inipun ada Tim kami yang memantau pergerakan beruang tersebut” Tutup Siswiyono Polisi kehutanan di BBKSDA Riau, yang berpangkat III/a, Polhut Mahir. (Krt)