Seru! pemilihan ketua Karang Taruna di desa Koto Baru

Singingi Hilir– Seru!Pemilihan Ketua Karang Taruna Desa disebut-sebut sebagai demokrasi milenial.

Seperti halnya Pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Koto Baru, Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi, Pemilihan Ketua dilakukan secara langsung, sama seperti pemilihan kepala desa atau kepala daerah.

Ratusan warga pemegang hak pilih antara 17-45 tahun, datang ke tempat pemungutan suara di balai desa Koto Baru, 2 Desember 2022.

Suasananya sama persis seperti suasana pemilu (pemilihan umum). Ada TPS, petugas TPS, bilik suara, kotak suara serta fasilitas lain yang biasa digunakan dalam pemilihan.

Dalam Pemilihan ini Ada 2 Calon yang mendaftar kan diri sebagai Ketua Karang Taruna desa Koto Baru Yakni :
1- Semendi Saputra
2-Andesri

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Koto Baru, Ketua Karang Taruna Kecamatan Singingi Hilir, dan Masyarakat setempat.

Pada Saat Proses Penghitungan Suara Nomor Urut 1 : Semendi Saputra Meraih suara terbanyak dengan jumlah 144 Suara, Sedangkan Nomor urut 2 Andesri Meraih 121 Suara , dan 1 suara dinyatakan Hangus
Total suara Pemilih 266 Suara.

Dalam sambutan perdananya Mendi Mengajak seluruh Pemuda/i Desa Koto baru Untuk Bersama-sama Memajukan Nagori.

“Alhamdulillah Terimakasih kasih atas kepercayaannya kepada saya untuk memimpin karang taruna di Desa Koto Baru ini, semoga kedepannya yang menjadi program-program Pemerintah Desa kedepannya kita dapat bersinergi, perkuat silaturahmi dan dapat bermanfaat khususnya untuk tingkat Desa, Kepada seluruh Pemuda/i Desa koto baru, Mari kita Bangun Nagori yang kita cintai ini Bersama-sama, Saling bahu-membahu untuk kemajuan desa Koto Baru” Terangnya.

Sementara itu Kepala desa Koto Baru Dalam sambutan nya mengucapkan selamat atas terpilihnya Semendi Saputra sebagai Ketua Karang Taruna Desa Koto Baru yang baru masa bakti 2023-2024”ucap kades Rabes

“Saya berharap Saudara Semendi, agar selalu mengedepankan aksi sosial dan gotong royong, serta bersinergi dengan pemerintah desa dalam membantu program-program desa.,”paparnya.

Di Tempat Terpisah Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuansing Arafik,S.T Saat di konfirmasi oleh awak media Mengatakan “Karang Taruna harus menjadi organisasi pemuda terdepan sekaligus motor penggerak pembangunan di desa, Sebab karang taruna adalah satu-satunya organisasi sosial pemuda yang memikiki struktur hingga desa” Paparnya

Masih Arafik “Karang Taruna sebagai tempat berhimpunnya para pemuda senantiasa meningkatkan dan menguatkan fungsi kelembagaan dan perannya dalam masyarakat, serta diharapkan mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi sentral untuk mempercepat pembangunan, Karang Taruna harus terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan,” imbuhnya.

Selain itu, sambungnya, Karang Taruna harus mampu menunjukan perannya dan tegas memposisikan dirinya, dimana Karang Taruna harus tampil sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah sekaligus menjadi mitra pemerintahan desa dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat” Tutupnya Nya.

Dalam proses Pemilihan Tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.